get app
inews
Aa Read Next : Panen Raya Padi di Lahan Eks Tambang PT Kitadin, Pj Gubernur Kaltim: Bisa Jadi Contoh Daerah Lain!

Tripatra Tandatangani Kontrak dengan ARC untuk Proyek Penyulingan Minyak Sawit di Kaltim

Selasa, 09 Juli 2024 | 18:39 WIB
header img
President Director of PT ARC, Sang Real Kim dan President Director & CEO Tripatra, Raymond Naldi Rasfuldi. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id- PT Tripatra Engineers and Constructors (Tripatra), menandatangani kontrak dengan PT AGPA Refinery Complex (ARC). PT ARC merupakan perusahaan joint venture antara POSCO International dan GS Caltex untuk memulai pembangunan “AGPA Refinery Complex (ARC) Project” yang merupakan fasilitas penyulingan di Balikpapan, Kalimantan Timur

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyulingan minyak sawit di Indonesia serta mendorong pertumbuhan pembangunan ekonomi di sekitar kawasan.  

Proyek ARC menempati area seluas 300.000 m2 di Interport Industrial Park dengan kapasitas produksi sebesar 500.000 ton minyak sawit olahan setiap tahunnya. Pekerjaan dimulai pada 29 Februari 2024 dan dijadwalkan selesai pada Juni 2025. 

Dalam proyek ini, Tripatra akan bertanggung jawab dalam aspek EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning) dengan ruang lingkup pekerjaan yang meliputi project management, detailed engineering and design (perancangan dan rekayasa), procurement (pengadaan), construction (pembangunan), Installation (pemasangan), hingga commissioning (pelaksanaan) serta penyediaan dukungan lainnya untuk membantu klien menyelesaikan proyek tersebut.
 
President Director & CEO Tripatra Raymond Naldi Rasfuldi mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian penting dari komitmen Tripatra dalam menghadirkan solusi rekayasa teknik untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan inovatif serta percepatan hilirisasi.

Melalui kemampuan rekayasa teknik, Tripatra akan mendukung bisnis PT ARC dalam melakukan penyulingan minyak kelapa sawit yang juga akan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi kawasan dan berfokus pada keberlanjutan. 

"Kami akan terus berinovasi dalam menyediakan berbagai solusi kepada para klien, baik dari sisi operasional maupun pengembangan untuk memaatikan hasil yang terbaik bagi klien," ujarnya.

"Kami berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini tepat waktu, beroperasi dengan aman, serta mencapai hasil yang diharapkan,” sambungnya.

President Director of PT AGPA Refinery Complex, Sang Real Kim menuturkan, kerja sama dengan Tripatra mencerminkan visi bersama dalam mendorong pertumbuhan industri melalui berbagai praktik yang berkelanjutan. 

"Kilang ini tak hanya akan memenuhi permintaan produk minyak kelapa sawit yang terus meningkat, tetapi juga akan berkontribusi terhadap tujuan lingkungan dan ekonomi kami," kata Sang Real Kim dalam siaran tertulis pada Selasa (9/7/2024). 
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut