get app
inews
Aa Read Next : Soroti Konservasi Hutan, Irwan Fecho Apresiasi Penyelarasan Alam dan Budaya dalam Asta Cita Prabowo

PCX Markets Berhasil Cegah 100 Juta Kilogram Limbah Plastik Cemari Alam

Rabu, 04 September 2024 | 19:15 WIB
header img
Sejak Januari, PCX Markets telah meningkatkan upaya pengalihan limbah plastik sebesar 34%, menawarkan solusi terdepan untuk mengatasi krisis limbah plastik global. Foto: Ist

JAKARTA,iNewsBekasi.id - PCX Markets (PCX) telah berhasil mengalihkan lebih dari 100 juta kilogram limbah plastik dari lingkungan. Angka tersebut setara dengan 6,6 miliar botol plastik seberat 15 gram, atau cukup untuk mengelilingi Bumi sebanyak 25 kali.

Pencapaian ini merupakan langkah penting dalam mengatasi polusi plastik dan memperkuat peran PCX dalam upaya global memerangi limbah plastik.

Sebagai salah satu pihak yang secara konsisten mendanai upaya penanggulangan polusi plastik dan pembangunan infrastruktur pengelolaan limbah, PCX telah membantu meningkatkan pengalihan limbah plastik sebesar 34% sejak Januari.

Prestasi ini tidak hanya menunjukkan komitmen PCX untuk menghadapi salah satu tantangan lingkungan yang paling mendesak di dunia, tetapi juga menunjukkan kontribusinya baik secara global maupun lokal, khususnya di Asia Tenggara.

Dalam krisis polusi plastik yang dihadapi dunia saat ini, negara-negara berkembang menanggung beban terberat. Di Indonesia, misalnya, sekitar 7,8 juta ton limbah plastik dihasilkan setiap tahun, dengan 5 juta ton di antaranya tidak tertampung di tempat pembuangan sampah.

Tempat pembuangan akhir pun tidak dikelola dengan baik, menurut data dari Bank Dunia. Daerah pedesaan menyumbang dua pertiga dari limbah plastik yang tidak terkelola dengan baik di Indonesia, akibat terbatasnya program pengelolaan sampah dan kurangnya fasilitas daur ulang.

Tanpa intervensi yang signifikan, polusi plastik diperkirakan akan meningkat 30% pada tahun 2025 dan lebih dari dua kali lipat pada tahun 2040.PBB saat ini sedang merancang perjanjian global tentang plastik yang diharapkan selesai pada Desember 2024. Diperkirakan sekitar $1,64 triliun akan diperlukan untuk mengatasi polusi plastik pada tahun 2040. 

Sementara itu, National Plastic Action Partnership (NPAP) Indonesia memperkirakan bahwa negara ini membutuhkan sekitar $18 miliar investasi untuk mengurangi kontaminasi plastik di laut sebesar 70% pada tahun 2025 dan mencapai ekonomi sirkular untuk plastik pada tahun 2040.

Dalam laporan terbaru mengenai kredit plastik, Bank Dunia memperkirakan bahwa kredit plastik dapat mendatangkan pendanaan sebesar USD 30 juta per tahun. Pendanaan ini dapat digunakan untuk program intervensi polusi plastik dalam lima tahun ke depan.

“Kita berada di ambang perubahan besar. Usaha PBB dalam merumuskan perjanjian global untuk mengatasi polusi plastik telah menciptakan kesadaran di sektor publik dan swasta bahwa kita harus bertindak cepat untuk menangani krisis ini,” ujar Nanette Medved-Po, pendiri PCX Markets dan PCX Solutions.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut