Logo Network
Network

BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Jabodetabek 3 Hari ke Depan

Isty Maulidya, Okezone
.
Minggu, 06 Maret 2022 | 19:53 WIB
BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Jabodetabek 3 Hari ke Depan
Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang di Jabodetabek 3 Hari ke Depan. (Foto: SINDONews)

TANGERANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan warga di wilayah Banten untuk mengantisipasi potensi hujan lebat dan angin kencang di wilayah Banten, termasuk Jabodetabek selama 3 hari ke depan.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan sebelah barat Aceh, di Laut Sulawesi bagian utara, di perairan sebelah utara Papua, di Jawa Timur, dan di Laut Timor yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Aceh, di Laut Sulu, di pesisir selatan Jawa.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Klas I Tangerang, Urip Setiyono pada Minggu (6/3/2022).

Selain itu, Urip menjelaskan bahwa fenomena hujan lebat dan angin kencang di beberapa wilayah Jabodetabek, pada Sabtu, 5 Maret 2022 lalu berasal dari embusan angin dari dalam awan Cumulonimbus yang awalnya bergerak dari Samudra Hindia barat Banten ke arah timur, hingga akhirnya memasuki wilayah Jabodetabek, dengan kecepatan lebih dari 46 kilometer per jam.

"Kecepatan angin kemarin lebih dari 25 knot. Dampak yang timbul berupa hujan ringan, sedang, hingga lebat dan disertai angin kencang dan kilat atau petir dengan durasi singkat pada daerah yang dilaluinya," lanjut Urip.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.