get app
inews
Aa Read Next : PLN Icon Plus Berikan Dukungan Optimal Suskeskan Pelantikan Presiden

PLN UID Jabar Berikan Bantuan Sambungan Listrik Gratis untuk 1.435 Keluarga Prasejahtera

Rabu, 23 Oktober 2024 | 13:46 WIB
header img
GM PLN UID Jabar Susiana Mutia (kedua dari kanan) mengunjungi salah satu penerima manfaat sambungan listrik gratis di Pengasinan, Rawalumbu, Kota Bekasi. Foto/Istimewa 

BEKASI, iNewsBekasi.id- Sebanyak 1.435 rumah masyarakat prasejahtera mendapatkan sambungan listrik gratis dari PLN UID Jawa Barat. Biaya sambungan listrik gratis ini berasal dari donasi insan PLN UID Jawa Barat. 

Dari 1.435 penerima sambungan listrik gratis sebanyak 80 di antaranya berada di wilayah PLN UP3 Bekasi. General Manajer PLN UID Jabar Susiana Mutia, berkesempatan hadir mengunjungi para penerima manfaat di Kelurahan Pengasinan,  Rawalumbu, Kota Bekasi pada Rabu (23/10/2024). 

Susiana mengatakan, dalam Sehari gerakan donasi insan PLN UID Jawa Barat telah menyalakan mimpi 1.435 masyarakat prasejahtera peroleh sambungan listrik gratis. 

Gerakan ini terinspirasi perjuangan pahlawan bangsa dalam membangun negeri, menjelang Hari Pahlawan 2024, seluruh pegawai PLN UID Jawa Barat bersama-sama menggalang donasi kembali demi membangun mimpi masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan listrik secara gratis. 

"Melalui program Light Up the Dream, asa tersebut akhirnya berhasil diwujudkan PLN UID Jabar dengan menyambung listrik secara gratis kepada 1.435 keluarga kurang mampu," katanya. 

Menurut dia, realisasi ini menambah jumlah keluarga yang mendapat bantuan program Light up the Dream sehingga totalnya sebanyak 3.134 pelanggan.

"Light Up The Dream merupakan bentuk nyata kepedulian dan kolaborasi insan PLN dalam mewujudkan mimpi energi berkeadilan dengan memudahkan masyarakat prasejahtera untuk memperoleh akses listrik PLN yang aman, nyaman dan terjangkau," ujarnya. 

Dia menuturkan, jumlah penerima manfaat bantuan listrik gratis pada 23 Oktober 2024 meningkat 84,11% dari total jumlah penerima LUTD periode tahun 2023 sampai Agustus 2024. Susiana berharap, gerakan sosial ini akan terus berlanjut sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapatkan kebahagiaannya

Program LUTD yang dilaksanakan secara serentak ini, lanjut dia, disalurkan ke seluruh unit PLN UID Jabar seperti 79 pelanggan di Bandung, 79 pelanggan di Bekasi, 80 pelanggan di Bogor,79 pelanggan di Cianjur, 80 pelanggan di Cikarang, 94 pelanggan di Cimahi, 79 pelanggan di Cirebon, 79 Pelanggan di Depok, 89 pelangan Garut, 69 pelanggan di Gunung Putri, 80 pelanggan di Indramayu, 79 pelanggan di Karawang, 80 pelanggan di Majalaya, 80 pelanggan di Purwakarta, 79 pelanggan di Sukabumi, 83 Pelanggan di Sumedang, dan 79 pelanggan di Tasik, serta 61 pelanggan lainnya sudah dialiri listrik PLN.

Sementera itu, Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra mengungkapkan, pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada keluarga kurang mampu agar bisa lebih produktif dengan hadirnya listrik dari PLN.

“Di Bekasi ada 79 unit baru untuk bantuan listrik gratis ini. Mereka juga diberikan bantuan lain seperti sembako, bahkan ada yang menerima rice cooker, atau blender untuk membantu pertumbuhan usaha kecil mereka di rumah,” ungkapnya.

Di tempat yang sama salah satu penerima manfaat bantuan Listrik gratis, Siti Aminah mengaku bersyukur dengan bantuan yang diberikan oleh pihak PLN. Siti yang sehari-hari berjualan minuman dingin ini juga mendapatkan bantuan berupa blender dari PLN agar lebih semangat dalam memperbaiki perekonomian.

“Sebelumnya, saya pakai listrik numpang ke tetangga. Sekarang Alhamdulillah sudah punya kWh meter sendiri jadi instalasi listrik lebih aman, bebas memanfatkan listrik untuk berbagai aktivitas terutama belajar anak-anak, membantu kegiatan rumah tangga, bekerja, dan lain-lain,” ucapnya.
 

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut