get app
inews
Aa Text
Read Next : Pemkot Bekasi Siapkan Layanan Darurat Patriot Siaga 112 per 1 Januari 2025

Survei Terbaru: Tri Adhianto-Harris Bobihoe Unggul Jelang Pilkada Kota Bekasi 2024

Selasa, 12 November 2024 | 21:09 WIB
header img
Pasangan calon (Paslon) nomor urut 3, Tri Adhianto-Harris Bobihoe terus memimpin di Pilkata Kota Bekasi 2024. Foto/Istimewa

BEKASI, iNewsBekasi.id - Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus) merilis survei terbaru terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Bekasi 2024. Pasangan calon (Paslon) nomor urut 3, Tri Adhianto-Harris Bobihoe terus memimpin di angka 53,63%.

Survei kedua LS Vinus ini dilakukan pada 5-9 November 2024 dengan melibatkan 800 responden. Metode yang digunakan adalah cluster random sampling berdasarkan teori Slovin, dengan margin of error sebesar 4% dan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

Dalam hasil survei terbaru, paslon Tri Adhianto-Harris Bobihoe mencatatkan kenaikan elektabilitas sebesar 1,75% dibandingkan survei sebelumnya. Elektabilitas mereka kini berada di angka 53,63%, naik dari 51,88%.

Sementara, paslon nomor urut 1, Heri Koswara-Sholihin berada di posisi kedua dengan elektabilitas 27,75%. Sebelumnya, pasangan ini memperoleh 26,38%. 

Di posisi ketiga, ada paslon nomor urut 2, Uu Saeful Mikdar-Nurul Sumarheni. Keduanya mengalami penurunan elektabilitas dari 3,63% menjadi 3,50%.

Analis dari LS Vinus, Rizky Ry menjelaskan bahwa metode pengambilan sampel disesuaikan dengan potensi jumlah pemilih tetap (DPT) di setiap wilayah. “Jika potensinya besar, sampelnya pun besar. Namun, daerah dengan DPT kecil tidak difokuskan pada satu titik saja,” ucapnya dalam acara di Bekasi Barat, Selasa (12/11/2024).

LS Vinus juga menemukan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat terkait Pilkada Kota Bekasi 2024 meningkat, dari 27,75% pada survei sebelumnya menjadi 48% saat ini. Hal ini beriringan dengan penurunan ketidaktahuan masyarakat terhadap pilkada dari 72,25% menjadi 52%.

“Popularitas calon masih menjadi alasan utama masyarakat dalam memilih bakal calon kepala daerah,” kata Rizky. 

Ia menyebutkan mayoritas pemilih cenderung memilih calon yang dikenal melalui media sosial atau media luar ruang seperti baliho dan spanduk. Namun, ia mencatat bahwa visi, misi, dan program calon masih kurang dipahami oleh masyarakat.

“Hal ini menjadi faktor penting dalam menentukan pilihan masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, survei pertama LS Vinus dilaksanakan pada 20-22 September 2024 dengan metode serupa dan melibatkan 800 responden.

Editor : Abdullah M Surjaya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut