get app
inews
Aa Read Next : Masya Allah! Berteman dengan Muslim, Bocah 9 Tahun asal Amerika Ini Mantap Jadi Mualaf

Senilai RP750 Miliar Bantuan Obat dan Alat Kesehatan dari AS Tiba di Indonesia

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 18:04 WIB
header img
Bantuan obat-obatan dan alat kesehatan senilai Rp750 miliar dari pihak swasta AS tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Kemlu RI)

JAKARTA, iNews.id - Obat-obatan dan alat kesehatan untuk pasien Covid-19 dari Amerika Serikat senilai lebih dari 52,3 juta dolar atau sekitar RP750 miliar tiba di Jakarta, Jumat (13/8/2021). Ini merupakan dukungan pihak swasta AS dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.Bantuan tersebut merupakan hasil kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke AS pada awal Agustus 2021.

Perusahaan farmasi AS, Eli Lilly, memberikan dukungan obat-obatan terapeutik senilai lebih dari 51,6 juta dolar AS, seperti dikutip dari keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Sabtu (14/8/2021). 

Selain itu, Direct Relief, organisasi nirlaba di bidang kemanusiaan, memberikan dukungan juga dalam bentuk obat serta alat kesehatan senilai lebih dari 719.000 dolar, di samping membatu proses pengiriman udara obat produksi Eli Lilly.

Bantuan dikirim dari bandara Los Angeles pada 11 Agustus lalu, dilepas oleh Konsul Jenderal RI di kota tersebut.

Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, bantuan diserahterima kepada Kementerian Kesehatan, melalui Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Direktur Tata Kelola Obat Publik dan Perbekalan Kesehatan, disaksikan Plt Direktur Amerika I, Kementerian Luar Negeri.

Sejauh ini Pemerintah AS telah menyalurkan bantuan senilai 65 juta dolar ditambah 8 juta dosis vaksin Moderna yang disalurkan melalui program Covax kepada Indonesia. Jika digabungkan dengan unsur swasta AS, total bantuan kepada Indonesia sejak awal pandemi mencapai 117,3 juta dolar atau skitar Rp 1,68 triliun ditambah 8 Juta vaksin Moderna.

Menlu Retno menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak, termasuk Senior Vice President Eli Lilly dalam pertemuannya di Washington DC pekan lalu. 

Editor : Muhammad Rizky Permana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut