Pastikan Pelayanan Teknik Sesuai SOP, Ini yang Dilakukan Manajemen PLN Bekasi

BEKASI, iNewsBekasi.id- Manajemen PT PLN UP3 Bekasi setiap bulan melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pekerjaan pelayanan teknik di seluruh wilayah kerjanya. Sidak ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) secara konsisten di lapangan, serta memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik dan aman.
Manajemen meninjau langsung sejumlah titik lokasi pekerjaan, termasuk aktivitas pemeliharaan jaringan listrik, penanganan gangguan kelistrikan, hingga inspeksi di beberapa gardu induk strategis di wilayah Bekasi.
Manager PT PLN UP3 Bekasi Donna Sinatra mengatakan, sidak ini tidak hanya memeriksa progres dan hasil pekerjaan, tapi juga berdialog langsung dengan para petugas teknik di lapangan.
Salah satunya, mengecek kelengkapan alat pelindung diri (APD), kesesuaian penggunaan peralatan kerja, hingga langkah-langkah operasional yang dilakukan saat pemeliharaan dan perbaikan.
Semua itu bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh prosedur dijalankan sesuai dengan standar keselamatan dan kualitas yang telah ditetapkan.
"Ini penting untuk memastikan pelayanan teknik yang diberikan kepada pelanggan selalu memenuhi standar keselamatan dan kualitas yang tinggi. Kami ingin setiap petugas PLN di lapangan bekerja dengan disiplin, menggunakan peralatan keselamatan lengkap, serta mematuhi semua SOP yang berlaku," kata Donna dalam keterangannya pada Selasa (29/4/2025).
Donna juga memberikan arahan langsung kepada para petugas teknik mengenai pentingnya budaya keselamatan kerja (safety culture) dan pelayanan prima kepada pelanggan.
Selain itu, sidak juga menjadi ajang evaluasi langsung terhadap ketersediaan peralatan di lapangan, kesiapsiagaan dalam menangani gangguan, dan penguatan komunikasi antar tim teknik.
"PLN UP3 Bekasi berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap penanganan gangguan maupun kegiatan pemeliharaan dilakukan dengan cepat, tepat, dan aman," ujarnya.
General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat Tonny Bellamy menuturkan, langkah aktif yang diambil oleh manajemen PLN UP3 Bekasi dalam memastikan implementasi SOP di lapangan adalah wujud nyata dari budaya kerja yang mengedepankan keselamatan, ketepatan, dan kualitas layanan kepada pelanggan.
"Harapannya, langkah ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap PLN," tuturnya.
Secara konsisten, PLN mengintegrasikan program-program pengawasan dan pengendalian mutu dalam operasional sehari-hari.
"Inspeksi mendadak rutin ini adalah salah satu upaya untuk membangun budaya kerja yang profesional, responsif, dan berorientasi pada pelayanan pelanggan," ucapnya.
Editor : Wahab Firmansyah