Warga Bekasi Wajib Tahu! Urus Listrik Pascabayar Kini Bisa Lewat PLN Mobile, Tanpa Antre
BEKASI, iNewsBekasi.id- PT PLN (Persero) terus menghadirkan inovasi demi meningkatkan kualitas layanan kelistrikan bagi masyarakat. Kini, pelanggan dapat menikmati kemudahan dalam mengajukan pasang baru atau migrasi ke layanan pascabayar cukup melalui aplikasi PLN Mobile, tanpa perlu datang langsung ke kantor layanan PLN.
Langkah digital ini menjadi bagian dari transformasi dan komitmen PLN dalam menyediakan layanan yang mudah, cepat, dan nyaman, sejalan dengan tren digitalisasi di sektor energi.
Manager PLN UP3 Cikarang, Wiedhyarno Arief Wicaksono, mengatakan, proses migrasi ke pascabayar kini semakin efisien dan bisa dilakukan tanpa repot.
“Pelanggan cukup membuka aplikasi PLN Mobile, lalu masuk ke menu Ubah Daya dan Migrasi, lalu ikuti alur pengajuannya dan seluruh proses dapat dilakukan secara mandiri, transparan, dan tanpa harus antre di kantor PLN,” kata Wiedhyarno dalam keterangannya pada Rabu (30/7/2025).
Buka menu Ubah Daya dan Migrasi
Pilih ID Pelanggan
Isi detail lokasi
Pilih layanan Migrasi ke Pascabayar
Unggah dokumen Sertifikat Laik Operasi (SLO)
Lengkapi data pelanggan
Setelah permohonan dikirim, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk proses verifikasi dan penjadwalan penggantian meteran.
Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kemudahan layanan ini, tim Srikandi PLN ULP Tambun turut turun langsung ke lapangan.
Mereka memberikan edukasi mengenai manfaat listrik pascabayar serta panduan penggunaan fitur migrasi di aplikasi PLN Mobile. Respons masyarakat pun sangat positif.
General Manager PLN UID Jawa Barat Tonny Bellamy menegaskan, layanan digital ini merupakan bentuk nyata transformasi PLN untuk memberikan kemudahan akses layanan bagi pelanggan.
“PLN Mobile dirancang agar pelanggan bisa mengakses layanan listrik dari mana saja, termasuk migrasi ke pascabayar. Tak perlu antre, semua bisa diselesaikan dalam beberapa langkah dari ponsel,” ungkap Tonny.
Dengan layanan digital yang semakin terintegrasi, PLN terus mendorong efisiensi dan kenyamanan bagi pelanggan dalam mengakses layanan kelistrikan, di mana pun dan kapan pun.
Editor : Wahab Firmansyah