get app
inews
Aa Read Next : 9 Menu Buka Puasa yang Cocok untuk Penderita Kolesterol

Simak! Ini Menu Buka Puasa yang Sehat dan Aman untuk Pengidap Gerd

Kamis, 31 Maret 2022 | 20:29 WIB
header img
Menu buka puasa yang sehat untuk penderita Gerd, aman bagi lambung dan tak sebabkan acid reflux. (Foto: Celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Menu buka puasa yang sehat untuk pengidap gerd wajib diperhatikan saat melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Berpuasa dengan aman dan nyaman bisa dilakukan pengidap gerd atau asam lambung dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Sebagaimana diketahui, terdapat beberapa makanan yang dapat memicu asam lambung naik dan hanya mengonsumsi makanan yang aman bagi lambung. Saat ini banyak jenis makanan yang aman untuk membantu mencegah terjadinya acid reflux, timbulnya sensasi rasa terbakar di dada karena asam lambung naik ke tenggorokan.

Makanan aman inilah yang bisa menjadi pilihan tepat sebagai makanan buka puasa bagi para penderita gerd. Lantas apa saja makanan aman dikonsumsi penderita gerd untuk berbuka puasa?

Dilansir dari laman resmi John Hopkins Medicine, Kamis (31/3/2022) berikut makanan aman sekaligus membantu mencegah naiknya asam lambung bagi penderita gerd, sebagaimana direkomendasikan dr. Ekta Gupta, M.B.B.S., M.D, Ahli gastroenterologi Johns Hopkins Medicine.

1. Makanan Serat Tinggi

Selain sehat, makanan berserat tinggi membantu perut merasa lebih kenyang. Sehingga kita tidak makan berlebihan. Sebagai menu buka puasa bisa konsumsi -bijian utuh seperti oatmeal dan beras merah. Sayuran seperti  ubi jalar, wortel, brokoli, asparagus, kacang hijau, dan bit.

2. Makanan Alkaline

Makanan yang punya pH lebih tinggi bersifat basa dan dapat membantu mengimbangi asam lambung yang kuat. Makanan alkaline ini contohnya buah pisang, melon, cauliflower, adas, dan kacang-kacangan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut