Logo Network
Network

9 Menu Buka Puasa yang Cocok untuk Penderita Kolesterol

Nadila Qoonita
.
Kamis, 30 Maret 2023 | 13:23 WIB
9 Menu Buka Puasa yang Cocok untuk Penderita Kolesterol
Ilustrasi menu buka puasa untuk penderita kolesterol. (Foto: Ist)

iNewsBekasi.id - Sembilan menu buka puasa yang cocok untuk penderita kolesterol akan dibahas dalam artikel ini. Saat Ramadan tiba, momen berbuka puasa menjadi yang dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain untuk mengisi perut setelah seharian berpuasa, juga menjadi kesempatan untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga atau teman.

Namun, bagi penderita kolesterol, memilih menu buka puasa menjadi sangat penting. Sebab, salah makanan bisa berdampak buruk pada kesehatannya. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai 9 menu buka puasa yang cocok dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Simak ulasan dibawah ini.

Daftar Menu Buka Puasa untuk Penderita Kolesterol

1. Sayur-Sayuran Rebus

Sayur-sayuran rebus bisa menjadi menu yang cocok untuk penderita kolesterol, karena rendah kalori dan kaya akan serat. Selain itu, sayur-sayuran juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. 

Maka dari itu, konsumsilah sayur-sayuran yang beraneka ragam, seperti brokoli, kembang kol, wortel, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

2. Konsumsi Gandum Utuh

Menu selanjutnya yaitu mengonsumsi gandum utuh, karena makanan gandum yang tinggi akan serat bisa menurunkan kolesterol. Serat yang larut dalam air terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

3. Ikan Panggang

Ikan panggang juga menu yang cocok untuk penderita kolesterol, karena kandungan asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, ikan juga kaya akan protein yang bisa membantu mengontrol nafsu makan.

Ikan panggang juga menu yang cocok untuk penderita kolesterol, karena kandungan asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, ikan juga kaya akan protein yang bisa membantu mengontrol nafsu makan. 

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Di sela-sela berbuka, cobalah konsumsi kacang-kacangan, seperti walnut dan almond, atau biji-bijian, misalnya flaxseed yang baik untuk menjaga kolesterol tubuh. Kedua makanan ini tinggi akan asam lemak omega-3, sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini