get app
inews
Aa Read Next : PLN Icon Plus Jaga Keandalan Jaringan dan Layanan selama Libur Lebaran

Polda Jateng Bagikan 12 Tips Aman Hindari Copet dan Jambret Menjelang Lebaran

Rabu, 20 April 2022 | 07:37 WIB
header img
Polda Jateng membagikan 12 tips aman menghindari aksi kejahatan menjelang akhir Ramadan. (ilustrasi/IST)

7. Usahakanlah untuk selalu menggendong tas di bagian depan tubuh, dan peluklah tas jika anda terpaksa melewati kerumunan orang. Ada baiknya dompet atau HP tidak ditaruh begitu saja di dalam tas, tapi selipkan di dalam map, atau kantung yang lebih besar sebelum dimasukkan ke tas.

8. Upayakan tidak menyimpan seluruh barang berharga dalam satu tempat. Simpan barang berharga seperti uang dan telepon genggam dalam tempat terpisah, misalnya telepon genggam disimpan dalam saku jaket sedangkan uang dalam dompet atau kantong baju.

9. Hindari tempat gelap dan sepi. Apabila ada gelagat dibuntuti orang, maka segera menuju ke tempat ramai. 

10. Jangan bermain telepon genggam saat di pinggir jalan atau di lokasi sepi, karena itu memancing pelaku tindak pidana untuk melancarkan aksinya.

11. Bila menjadi korban aksi kejahatan, segera berteriak minta tolong, membunyikan klakson atau tindakan lain untuk menarik perhatian orang di sekitar. Melakukan perlawanan terhadap pelaku merupakan hal yang wajar, namun agar tetap utamakan keselamatan diri sendiri. 

12. Hindari main hakim sendiri dan segera laporkan kejadian pada petugas keamanan atau kepolisian terdekat.

Beberapa tips di atas, kata dia, dianjurkan untuk digunakan warga masyarakat saat melakukan aktivitas berbelanja atau kegiatan lain di luar rumah. 

"Namun ada hal lain yang tidak kalah penting. Kami himbau masyarakat untuk tetap waspada penyebaran Covid-19 serta taat protokol kesehatan. Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan uang secara bijak dan tidak berlebihan dalam berbelanja," ujarnya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut