get app
inews
Aa Read Next : Memperingati Hari Kartini, Komunitas Zeelandia Empowering Women Menggelar Talkshow dan Demo Baking

Di Momen Hari Kartini, Puan Mengenang Sarinah Sosok Perempuan yang Menginspirasi Bung Karno

Kamis, 21 April 2022 | 14:49 WIB
header img
Bertepatan dengan Hari Kartini 21 April, Ketua DPR Puan Maharani pun mengenang Sarinah, sosok perempuan yang telah menginspirasi Bung Karno. Foto:IG@Puanmaharani)

JAKARTA, iNews.id - Bertepatan dengan Hari Kartini 21 April, Ketua DPR  Puan Maharani pun turut mengenang Sarinah, sosok perempuan yang telah menginspirasi Bung Karno. 

Sarinah adalah pengasuh Soekarno saat kecil. Menurut Puan, Sarinah sangat berperan dalam perjalanan hidup Soekarno itu hingga akhirnya kakeknya itu tumbuh menjadi seorang pemimpin besar yang memproklamirkan kemerdekaan RI. 

"Dari Sarinah, Soekarno belajar banyak hal. Khususnya mengenai cinta. Cinta kepada rakyat kecil," kata Puan, Kamis (21/4/2022)  

Puan menceritakan, kakeknya itu mengenal Sarinah sejak umur 6 tahun. Saat itu Soekarno kecil baru pindah dari Surabaya ke Mojokerto bersama orangtuanya.

Di sana lah, orangtua Soekarno bertemu Sarinah, seorang gadis yang kemudian menjadi asisten keluarga mereka. Namun, Sarinah bukan pelayan dalam pengertian barat, melainkan sudah dianggap seperti keluarga. 

Soekarno pun akhirnya menjadi sangat dekat dengan sosok Sarinah. Jika Sarinah sedang memasak di dapur, Soekarno akan duduk di sebelahnya untuk menemani. 

Saat itu lah Sarinah memberi banyak pesan dan petuah yang kemudian menjadi pelajaran berharga bagi perjalanan hidup Soekarno. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut