get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Korupsi Sewa Tanah Desa Rp630 Juta, Kepala Desa Karang Rahayu Bekasi Ditahan

Kepala SMA Negeri 19 Kota Bekasi Ditahan Kejari, Diduga Korupsi USB Rp3,8 Miliar

Minggu, 03 Oktober 2021 | 09:29 WIB
header img
Kepala SMA Negeri 19 Kota Bekasi Urip Kusnadji dijebloskan ke tahanan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bekasi. (Foto: Dok Kejari Bekasi)

BEKASI,iNews.id - Kepala SMA Negeri 19 Kota Bekasi Urip Kusnadji dijebloskan ke tahanan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bekasi. 

Kasie Intelijen Kejari Bekasi Yadi Cahyadi mengatakan, setelah berstatus tersangka Urip langsung ditahan dan dibawa ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Bulak Kapal di Bekasi Timur. ”Kami lakukan penahanan 20 hari ke depan. Tersangka kami lakukan penahanan pada Jumat (1/10) petang,” ujar Urip dikonformasi Minggu (3/10/2021).

Urip diduga korupsi pembangunan unit sekolah baru (USB) dengan pagu anggaran sebesar Rp3,8 miliar.

Menurut dia, penetapan UK sebagai tersangka merupakan hasil penyelidikan dan penyidikan atas dugaan Tipikor dalam pembangunan USB SMAN 19 dengan anggaran sebesar Rp 3,8 miliar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun anggaran 2019. ”Tersangka tidak berpedoman kepada petunjuk teknis pembangunan USB,” ucapnya.

Dalam pembangunan USB tersebut, kata dia, tersangka UK bertindak selaku ketua pelaksana pembangunan. Akibat perbuatannya negara dirugikan sebesar Rp670 juta.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 9 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut