get app
inews
Aa Read Next : Erick Thohir soal Tes Bahasa Inggris Rekrutmen BUMN Sulit: Kita Diskusikan

Resmi! Turki Ubah Nama di PBB Menjadi Turkiye

Jum'at, 03 Juni 2022 | 17:19 WIB
header img
PBB resmi mengakui nama baru negara Turki, Turkiye (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Turki resmi mengganti nama negara di PBB dari Turkey jadi  Türkiye. Kendati demikian, nama tersebut pun ternyata bukan hal baru untuk masyarakat Turki, di mana mereka sudah memakainya sejak pendirian negara pada 1923 atau pascaruntuhnya Kesultanan Utsmaniyah.

Presiden Recep Tayyip Erdogan meminta jajarannya mengajukan perubahan nama baru Turki ke PBB pada musim dingin lalu

Seorang juru bicara PBB menuturkan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Mevlut Cavusoglu mengajukan surat pengajuan perubahan nama yang diterima PBB pada Rabu (1/6/2022) dan segera berlaku.

Erdogan menunjukkan ketidaksukaan dengan nama Turkey pada Desember 2019 saat meluncurkan prototipe mobil listrik buatan dalam negeri. Dia menekankan produk dalam negeri harus dipasangi tulisan 'Made in Türkiye', bukan 'Made in Turkey'. Dua tahun kemudian, Erdogan mengeluarkan memorandum yang menyebutkan penggunaan Türkiye lebih mewakili budaya dan sejarah Turki sehingga harus digunakan sebagai nama negara dalam semua bahasa.

Setelah memorandum tersebut, banyak lembaga publik dalam negeri mulai menggunakan Türkiye. Beberapa negara asing juga mulai menggunakan nama baru itu.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut