Logo Network
Network

Kasus Cacar Monyet Terdeteksi di Singapura, Berasal dari Wisatawan yang Menuju ke Australia

Kevi Laras, Jurnalis
.
Senin, 06 Juni 2022 | 18:36 WIB
Kasus Cacar Monyet Terdeteksi di Singapura, Berasal dari Wisatawan yang Menuju ke Australia
Ilustrasi Cacar Monyet. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Virus cacar monyet membuat banyak negara menjadi heboh. Sebab, virus ini pun telah mewabah di sejumlah negara Eropa hingga Amerika Serikat. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan memberikan perhatian tinggi terhadap kasus ini.

Bukan tanpa sebab, pasalnya mereka yang terpapar cacar monyet tidak bepergian ke negara-negara endemi virus tersebut, seperti Afrika. Nah, kabar terbaru mengatakan bahwa monkeypox atau cacar monyet terdeteksi di Singapura.

Kasus pertama itu merupakan pelancong yang transit di Singapura menuju Australia. Menurut Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) bahwa pelancong tersebut, berangkat dari Barcelona pada 1 Juni dan tiba di Bandara Changi pada hari berikutnya.

Dia pun tetap berada di area transit di Bandara Changi, sampai keberangkatan ke Sydney pada hari yang sama. Hal mengejutkannya ketika ia tiba di Sydney pada 3 Juni kemarin, dinyatakan positif cacar monyet.

"Karena kasus tidak masuk ke Singapura atau berinteraksi dengan orang-orang di komunitas, saat ini tidak ada risiko penularan komunitas signifikan,” ucap Depkes dilansir Channel News Asia, Senin (6/6/2022)

Atas kasus pertama itu, Singapura telah menetapkan 13 orang dengan pengawasan telepon. Menurutnya Kementerian Singapura tidak perlu ada yang dikarantina, sebab dinilai tidak ada kontak erat dengannya.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini