Meninggal di Luar Negeri, Inilah 5 Ulama Indonesia yang Makamnya Dikunjungi Wisatawan Muslim

Rusman H Siregar/Fatiha Eros Perdana
Meninggal di Luar Negeri, Inilah 5 Ulama Indonesia yang Makamnya Dikunjungi Wisatawan Muslim. (Foto: Fatiha Eros Perdana/Net Bekasi)

BEKASI, iNewsBekasi.id - Pentingnya Mengetahui Tokoh Ulama Indonesia yang Dimakamkan di Luar Negeri di Pekuburan Jannatul Ma'la, Makkah Arab Saudi untuk Perjalanan Spiritual Anda

Indonesia memiliki banyak tokoh ulama terkemuka yang telah wafat dan dimakamkan di luar negeri, terutama di pekuburan Jannatul Ma'la, Makkah Arab Saudi. Namun, tidak semua orang menyadari betapa pentingnya mengetahui tentang tokoh-tokoh ulama ini dan makam mereka yang dapat dijadikan sebagai tujuan perjalanan spiritual.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai beberapa tokoh ulama terkenal Indonesia yang dimakamkan di pekuburan Jannatul Ma'la, Makkah Arab Saudi. Selain itu, kami juga akan membahas manfaat dari mengunjungi makam-makam tersebut untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Dengan mengetahui lebih banyak tentang tokoh-tokoh ulama ini, kita dapat mempelajari tentang ajaran Islam dan mendapatkan inspirasi dari kehidupan mereka. Dengan mengunjungi makam mereka, kita dapat merenungkan tentang kebesaran Allah SWT dan mengambil hikmah dari perjuangan mereka dalam menegakkan Islam.

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama memperluas pengetahuan kita tentang tokoh-tokoh ulama Indonesia yang dimakamkan di luar negeri dan mengambil manfaat spiritual dari kunjungan ke makam mereka.

Beberapa Ulama Indonesia yang Dimakamkan di Jannatul Ma'la, Makkah Arab Saudi

Di antara ulama Nusantara yang telah berpulang ke Rahmatullah dan dimakamkan di Ma'la Makkah, salah satunya adalah Syaikhina KH Maimoen Zubair, tokoh senior Nahdlatul Ulama yang dimakamkan pada tanggal 7 Agustus 2019. Namun, ia bukanlah satu-satunya ulama Indonesia yang dimakamkan di Jannatul Ma'la.

Sebagian besar ulama Indonesia yang dimakamkan di Jannatul Ma'la adalah tokoh-tokoh besar yang pernah menjabat sebagai guru besar di Masjidil Haram Makkah pada abad ke-19. Meskipun telah berpulang ke Rahmatullah, namun jasa-jasa mereka dalam menyebarkan ajaran Islam tetap dikenang dan dihargai oleh umat Islam, terutama di Indonesia.

Dengan mengenang jasa-jasa ulama Indonesia yang telah dimakamkan di Jannatul Ma'la, kita dapat mengambil inspirasi dan mempelajari tentang kebesaran agama Islam. Semoga Allah SWT senantiasa merahmati dan memberikan tempat yang layak bagi mereka di sisi-Nya.

1. Syekh Nawawi bin Umar Al-Bantani, Ulama Produktif yang Diakui Keilmuannya

Syekh Nawawi bin Umar Al-Bantani, atau lengkapnya Abu Abd al-Mu'ti Muhammad bin Umar al-Tanara al-Jawi al-Bantani, lahir di Tanara, Serang, Banten pada tahun 1813 dan wafat di Mekkah pada tahun 1897. Beliau pernah menjabat sebagai Imam Masjidil Haram dan diakui sebagai seorang ulama yang sangat produktif dalam menulis kitab.

Total, Syekh Nawawi Al-Bantani telah menulis sekitar 115 kitab di berbagai bidang ilmu, termasuk fiqih, tauhid, tasawuf, tafsir, dan hadis. Karena keilmuannya yang mumpuni, beliau dijuluki dengan sebutan Sayyid Ulama al-Hijaz (Pemimpin Ulama Hijaz), al-Imam al-Muhaqqiq wa al-Fahhamah al-Mudaqqiq (Imam yang Mumpuni Ilmunya), A'yan Ulama al-Qarn al-Ram Asyar li al-Hijrah (Tokoh Ulama Abad 14 Hijriyah), dan Imam Ulama al-Haramain (Imam 'Ulama Dua Kota Suci).

Editor : Fatiha Eros Perdana

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network