get app
inews
Aa Read Next : Kenang Eril Semasa Hidup, Atalia Praratya Bagikan Momen Sang Putra Sulung saat Jadi Sopir Pengantin

Yuk Intip Sepuluh Arsitektur Keren Hasil Rancangan Ridwan Kamil, dari Lokal hingga Mancanegara

Kamis, 16 Juni 2022 | 08:00 WIB
header img
Rumah Botol Salah Satu Karya Arsitektur Ridwan Kamil. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkenal dengan desain arsitektur rancangannya. Belum lama ini, Kang Emil membuat desain untuk mendiang putranya, yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Rancangan desain Kang Emil pun banyak digunakan di dalam dan luar negeri. Bahkan menjadi bangunan-bangunan ikonik untuk dilihat dan dikunjungi.

Dilansir dari Okezone pada Kamis (16/6/2022), berikut desain arsitektur buatan Ridwan Kamil:

1. Museum Tsunami Aceh

Ridwan Kami merupakan arsitek Museum Tsunami Aceh yang berdiri 26 Desember 2009. Karya spektakulernya itu kini terkenal sampai ke penjuru dunia.

Turis dari berbagai negara saban tahun berkunjung ke Museum Tsunami Aceh.

Kang Emil pun mengakui, dalam proses penciptaan rancang bangun Museum Tsunami Aceh, dia banyak meneteskan air mata, termasuk saat mempresentasikan hasil rancangannya saat sayembara.

"Saya banyak meneteskan air mata dalam proses sketsanya, termasuk dalam proses presentasinya pun saya terbata-bata karena ratusan ribu nyawa melayang akibat tsunami Aceh," ungkapnya.

2. Masjid Al Safar

Sejak dibangun pada tahun 2010, masjid yang dibangun di kawasan Rest Area Tol Cipularang KM 88 ini memang menjadi perbincangan hangat publik karena dianggap sebagai simbol illuminati. Sebab, bentuk bangunannya tak menyerupai kubah seperti masjid pada umumnya, melainkan bentuk segitiga yang memang cukup unik dan dinominasi warna putih.

Meski demikian, rupanya masjid tersebut masuk dalam nominasi arsitektur terbaik oleh Abdullatif Al Fozan Award 2019 dari Arab Saudi. Ridwan Kamil mengungkap, sebenarnya bentuk Masjid Al Safar ialah trapesium, bukan segitiga seperti yang dibicarakan masyarakat.

Kini, Masjid Al Safar pun disebut-sebut yang terbesar di Indonesia yang dibangun di rest area. Setidaknya, masjid lebih kurang seluas 6.000 meter persegi tersebut sanggup menampung sekitar 1.200 jemaah.

3. Rumah Botol Bandung

Ridwan Kamil mengaku sangat senang dengan air. Karena itu, beberapa karya arsiteknya terkait dengan air.

Seperti Rumah Botol yang diuat Kang Emil. Dirinya mengumpulkan 30 ribu botol bekas untuk membangun Rumah Botol.

4. Masjid Al Irsyad

Jauh sebelum menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat, sosok Ridwan Kamil telah dikenal sebagai seorang arsitektur andal. Beragam karya rancang bangun Ridwan Kamil telah banyak ditemui di berbagai tempat, bukan hanya di dalam tapi juga luar negeri.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut