Logo Network
Network

Selain Indonesia, Berikut Sederet Negara yang Pernah Dijajah Jepang

Tim Litbang MPI, MNC Portal
.
Selasa, 21 Juni 2022 | 08:00 WIB
Selain Indonesia, Berikut Sederet Negara yang Pernah Dijajah Jepang
Tentara Jepang. (Foto: Wikipedia)

JAKARTA, iNews.id - Jepang adalah salah satu negara yang turut secara aktif pada Perang Dunia II. 

Hal itu pun memaksa Jepang untuk mencari sumber daya alam dan sumber daya manusia demi mendukung peperangan. Guna merealisasikannya, Jepang menjajah sejumlah negara.

Berikut adalah negara yang pernah dijajah Jepang, sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI: 

1. Korea

Siapa sangka negara modern yang terkenal dengan hallyu K-popnya ini ternyata pernah dijajah oleh Jepang. Penjajahan Jepang atas Korea berlangsung selama 35 tahun, tepatnya dari tanggal 1910-1945. Kala itu, sistem pemerintahan Korea masih dipimpin oleh Dinasti Qing. Ketika Dinasti Qing dikalahkan pada 1876, Jepang berhasil menginvasi Korea dan meruntuhkan sistem Kekaisaran Korea Raya.

Banyak kebijakan yang diberlakukan Jepang ketika menjajah Korea, mulai dari sistem birokrasi hingga membentuk badan penting. Namun pada tahun 1945, Jepang mengalami kekalahan dan menyerah kepada Sekutu. Alhasil, pendudukan Jepang berakhir dan Korea pun terpecah menjadi Korea Selatan serta Korea Utara.

2. Indonesia

Kendati sebentar, pendudukan Jepang di Indonesia disebut sebagai salah salah satu yang paling kejam. Jepang menjajah Indonesia selama tahun 1942-1945. Setelah resmi menduduki Indonesia sejak 8 Maret 1942, Jepang langsung menyusun pemerintahan guna melancarkan pendudukan selama di Indonesia. Beragam propaganda yang dilancarkan Jepang adalah Gerakan 3A, pembentukan organisasi seperti Pembela Tanah Air (PETA), Keibodan, Seinendan, dan lain-lain.

Masa penjajahan Jepang di Indonesia berakhir ketika Sekutu menjatuhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki di tahun 1945. Setelahnya, Jepang menyerah terhadap Sekutu dan Indonesia segera mendeklarasikan kemerdekaan.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini