get app
inews
Aa Read Next : Penyanyi Korea Selatan Park Bo Ram Meninggal Dunia di Usia 30 Tahun

Selain Indonesia, Berikut Sederet Negara yang Pernah Dijajah Jepang

Selasa, 21 Juni 2022 | 08:00 WIB
header img
Tentara Jepang. (Foto: Wikipedia)

3. China

China juga termasuk salah satu negara yang pernah dijajah Jepang. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1931-1945. Pendudukan Jepang di China berakhir ketika Perang Dunia II pada Agustus 1945. Invasi Jepang ke China ini dimulai dengan masuknya Jepang ke wilayah Manchuria. Di Manchuria, Jepang mendirikan negara boneka yang bernama Manchukuo selama enam bulan. Jepang mengerahkan pasukan secara massal sehari usai Insiden Mukben.

Menurut sejarawan John Hall serta Peter Duus, insiden tersebut merupakan hasil manipulasi militer Jepang dengan membuat skenario peledakan rel kereta api milik perusahaan Jepang yang saat ini bernama Shenyang. Salah satu kekejaman militer Jepang ke China adalah pembantaian di Kota Nanking pada 13 Desember 1937. Pada peristiwa ini, Jepang tidak hanya menguasai kota, namun juga melakukan pembantaian kepada ratusan ribu warga sipil hingga tentara China.

Penjajahan Jepang di China masih diingat sebagai luka sejarah yang belum pulih. Kedua negara pun masih berkonflik hingga saat ini dalam beberapa isu, termasuk sengketa wilayah.

4. Myanmar

Okupasi Jepang terhadap Myanmar dimulai pada 19 Januari 1942, tanggal di mana pasukan Jepang mulai menyerbu Myanmar. Serangan tersebut dimaksudkan untuk mengusir Inggris yang sudah berkuasa di Myanmar sejak 1886. Sayangnya, kekalahan Jepang pada tahun 1945 membuat Inggris kembali menduduki Myanmar. Myanmar baru merdeka dari Inggris tiga tahun setelahnya, yaitu pada 4 Januari 1948.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut