get app
inews
Aa Read Next : Perusahan Alkes asal Moskow Rusia Ramaikan HOSPITAL EXPO 2023

Ini Sederet Negara yang Bekerja Sama untuk Meruntuhkan Kesultanan Turki Utsmani, Ada Inggris

Jum'at, 24 Juni 2022 | 06:00 WIB
header img
Suasana tahun-tahun terakhir Kekaisaran Turki Utsmani di kawasan Galata, seberang Konstantinopel, terletak di pantai utara Tanduk Emas, pintu masuk yang memisahkannya dari semenanjung bersejarah Konstantinopel lama. (Foto: en.qantara.de)

2. Prancis

Prancis merupakan sekutu Inggris ketika Perang Dunia I, sehingga negara berikon Menara Eiffel ini juga membantu Inggris untuk berperang melawan Turki Utsmani.

Namun uniknya, hubungan Prancis dan Turki Utsmani ternyata pernah mesra. Turki Utsmani pernah menjalin hubungan kenegaraan dengan Prancis dan hal tersebut disambut baik.

Kala itu, Sultan Sulaiman sebagai pemimpin Turki Utsmani memutuskan untuk melawan Kekaisaran Hungaria demi membantu monarki Prancis.

3. Rusia

Dulu ketika Turki Utsman berkuasa, Rusia masih berbentuk Kekaisaran Rusia. Rusia juga beraliansi dengan Inggris dan Prancis membentuk blok Sekutu dan bekerja sama menyerang blok Sentral dengan salah satu anggotanya yaitu Turki Utsmani.

Sebelumnya, Kekaisaran Rusia dan Kesultanan Turki Utsmani pernah saling mengangkat senjata pada Perang Sarikamish.

Dalam perang tersebut, Turki Utsmani meniru strategi Napoleon yang berhasil mengalahkan Kekaisaran Jerman dengan taktik bergerak cepat dan tiba di tempat tertentu dalam waktu tertentu.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut