get app
inews
Aa Read Next : 7 Pemimpin Negara yang Dibunuh, Raja Faisal Ditembak oleh Putra Saudara Tirinya

Ini Sederet Pemimpin Dunia yang Meninggal Secara Tragis, dari Adolf Hitler hingga Moammar Khadafi

Selasa, 05 Juli 2022 | 09:37 WIB
header img
Adolf Hitler (Foto: National Archive Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Setiap pemimpin negara memiliki banyak tanggung jawab yang wajib dijalankan. Kendati demikian, para pemimpin ini pun tak jarang mendapat banyak kritik dan ketidaksetujuan dari rakyat atas kebijakan yang diberikan.

Ketidaksetujuan ini bisa menimbulkan banyak konflik yang mengancam keselamatan pemimpin tersebut. Pengamanan yang diberikan tak selalu menjamin keselamatan beberapa pemimpin di dunia, di mana banyak dari mereka yang akhirnya meninggal secara tragis, seperti bunuh diri atau dibunuh oleh rakyatnya.

Berikut ini daftar pemimpin negara yang meninggal secara tragis, sebagaimana dirangkum pada Selasa (5/7/2022) via Okezone:

1. Adolf Hitler

Salah satu pemimpin dunia yang terkenal karena kekejamannya, Adolf Hitler, ditemukan meninggal dengan tragis. Saat Perang Dunia II, Hitler melakukan genosida terhadap 6 juta orang Yahudi. Hitler diangkat sebagai kanselir atau pemimpin Jerman pada 30 Januari 1933.

Saat itu, Perjanjian Versailles untuk menghentikan Perang Dunia I sudah dibuat. Namun saat memimpin, Hitler membuat banyak pelanggaran dari perjanjian tersebut. Ia menginvasi Austria, Perancis, Cekoslovakia, dan negara lainnya sehingga menimbulkan Perang Dunia II.

Jerman banyak terdesak pada Perang Dunia II, sejak kekalahannya di Pertempuran Stalingrad dan Bulge pada tahun 1944. Hal tersebut membuat Hitler terguncang dan memutuskan untuk bersembunyi di Führerbunker. Saat bersembunyi, Hitler memutuskan untuk bunuh diri dengan menembak kepalanya sendiri pada 1945.

2. Anwar Sadat

Muhammad Anwar Sadat merupakan Presiden Mesir ketiga yang diangkat pada 1970. Sebelumnya, Anwar Sadat menjabat sebagai wakil presiden selama dua periode, mendampingi Presiden Gamal Abdel Nasser. Anwar menjadi orang kepercayaan presiden dan merupakan anggota senior Perwira Bebas yang terlibat dalam penurunan Raja Farouk di Revolusi Mesir tahun 1952.

Anwar Sadat menjabat sebagai presiden selama 11 tahun atau sampai 6 Oktober 1981. Ia mangkat dari jabatannya sebagai presiden karena tewas dibunuh oleh perwira tentara yang dipimpin Khalid Islambouli. Mereka menembaki Anwar Sadat dengan senapan otomatis hingga tewas pada saat parade 6 Oktober di Kairo.

3. John F Kennedy

Presiden Amerika Serikat (AS) ke-35 ini tewas dibunuh Lee Harvey Oswald pada 22 November 1963. Oswald yang merupakan mantan personel marinir AS, melakukan penembakan dengan senapan mail-order dari jendela di lantai enam gedung penyimpanan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut