get app
inews
Aa Read Next : FEB UI Raih Posisi Puncak Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

Tujuh Fakta Unik Negara Jerman yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Disiplin soal Waktu

Sabtu, 16 Juli 2022 | 08:51 WIB
header img
Fakta-fakta unik negara Jerman, salah satunya kedisiplinan soal waktu yang sudah membudaya (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Fakta unik negara Jerman sangat menarik untuk dibahas. Pasalnya, salah satu negara besar di Eropa ini diidentikkan dengan teknologi, pendidikan, hingga sepak bola

Sehingga jika ditarik garis besarnya, semua terkait dengan sumber daya manusia. Terlebih, mantan presiden Indonesia Almarhum BJ Habibi adalah lulusan Jerman serta penemuan-penemuannya pun diakui negara tersebut.

Namun ada beberapa hal unik yang jarang diketahui secara umum dari negara berbentuk Republik Federal yang menganut sistem demokrasi terbuka itu. 

Fakta-fakta Unik Negara Jerman

Berikut tujuh fakta unik negara Jerman yang jarang diketahui:

1. Buku Cetak Pertama di Dunia

Karya Johannes Gutenberg menjadi buku pertama yang dicetak di dunia. Gutenberg menulis ayat-ayat suci dari Alkitab atau Injil. Buku itu dicetak pada 1450-an tepatnya di kota Mainz.

Alkitab yang saat ini dikenal sebagai Bibel Gutenberg itu berisi 42 baris pada setiap halaman. Saat itu Bibel Gutenberg dihargai sangat mahal dan dicetak sampai ratusan jilid.

2. Festival Oktoberfest dan Konsumen Bir Terbesar

Festival yang diadakan setiap Oktober ini tidak bisa jauh dari bir. Festival ini menjadi acara minum bir paling populer dan terbesar di Eropa, bahkan di dunia. Bahkan di beberapa restoran, bir seperti dianggap makanan.

Festival diawali dengan pembukaan tong bir yang dilakukan oleh Wali Kota Munchen. Dia membuka tong bir dengan mengatakan dalam Bahasa Bavaria, 'O'Zapft is' yang artinya 'telah dibuka'. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut