get app
inews
Aa Read Next : Di Desa Ini Ada Makam Kuno yang Dijaga Sepasang Ular, Bikin Merinding!

Makam Kuno Juru Bayar Firaun Berusia 3.200 Tahun Ditemukan di Mesir

Rabu, 03 November 2021 | 21:50 WIB
header img
Sebuah makam berusia lebih dari 3.200 tahun yang dibangun untuk pejabat senior salah satu Firaun paling kuat pada masa Mesir Kuno telah ditemukan di Saqqara. (Foto: Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir)

KAIRO,iNews,id - Makam kuno diketahui berusia 3.200 tahun ditemukan di Saqqara, Mesir. Makam ini adalah  pejabat senior salah satu Firaun paling kuat pada masa Mesir Kuno.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir menyebutkan,  dari ukiran prasasti yang ditemukan di makam tertulis bahwa Ptah-M-Wia, orang yang dimakamkan  memegang sejumlah kedudukan termasuk sebagai kepala perbendaharaan dan kepala pengawas ternak pada masa pemerintahan firaun Ramses II (memerintah 1279–1213 SM), yang berkembang di Kerajaan Mesir sampai Suriah modern.

Menurut para arkeolog, Ramses II juga dikenal karena upaya pembangunannya termasuk perluasan Kuil Karnak. Ptah-M-Wia adalah kepala perbendaharaan berabad-abad sebelum penemuan koin yang dicetak; pada waktu itu orang melakukan pembayaran dengan barang, komoditas atau logam mulia. 

Di sisa-sisa makam Ptah-M-Wia, para arkeolog menemukan serangkaian lukisan dinding yang menunjukkan orang-orang memimpin ternak dan hewan lain untuk disembelih. Adegan ini bisa jadi terkait dengan posisi Ptah-M-Wia sebagai pengawas peternakan. Sejauh ini, tampaknya tidak ada sisa-sisa jasad manusia yang ditemukan dalam makam tersebut, demikian diwartakan Live Science. 

Beberapa ukiran di makam juga menggambarkan seorang pria, kemungkinan potret diri Ptah-M-Wia. Dalam satu ukiran, ia ditampilkan duduk di samping beberapa guci dan sebuah benda yang terlihat seperti tanduk. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut