get app
inews
Aa Read Next : Makam Kuno Juru Bayar Firaun Berusia 3.200 Tahun Ditemukan di Mesir

Ilmuwan Berhasil Merekonstruksi Wajah Raja Firaun, Inilah Penampilannya

Selasa, 27 Desember 2022 | 07:03 WIB
header img
Ilmuwan Berhasil Merekonstruksi Wajah Raja Firaun atau Ramses II, Inilah Penampilannya. (Foto: Facelab LJMU via Pen News)

KAIRO, iNewsBekasi.id - Para ilmuwan berhasil merekonstruksi wajah Raja Firaun atau Ramses II dengan menggunakan perangkat lunak tomografi komputer (CT).

Proyek ilmiah yang dipimpin oleh peneliti dari Mesir dan Inggris ini memungkinkan para sejarawan untuk melihat wajah Firaun pada usia 45 dan 90 tahun.

Proses ini dilakukan dengan menggunakan CT scan pada mumi Firaun dan mengaplikasikan analisis perangkat lunak untuk menguraikan detailnya.

Para ahli kemudian dapat membedakan antara tengkorak dan bahan lain yang digunakan selama proses pembalseman dan menghasilkan gambar 3D dari tengkorak tersebut.

Kemudian, wajah tersebut direkonstruksi dengan menggunakan pengukuran lapisan otot wajah Mesir. Ini merupakan kali pertama para sejarawan dapat melihat wajah Firaun pada saat kematiannya di usia 90 tahun.

“Perangkat lunak ini mengidentifikasi sifat-sifat dari berbagai lapisan bahan pada wajah mumi, seperti perban linen di atasnya,” kata Dr Sahar Saleem, seorang profesor radiologi di Universitas Kairo yang memimpin proyek tersebut dalam wawancara dengan AuntMinnieEurope.com.

Para ahli pencitraan kemudian membalik proses penuaan dan mengungkap wajah penguasa pada usia yang lebih muda, yaitu 45 tahun.

"Visualisasi fitur wajah yang bagus seperti tindik telinga dan gaya rambut juga dimungkinkan oleh perangkat lunak rekonstruksi gambar modern," kata Saleem.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut