get app
inews
Aa Read Next : Masya Allah! Berteman dengan Muslim, Bocah 9 Tahun asal Amerika Ini Mantap Jadi Mualaf

Ini Tujuh Asal-usul Nama Negara Paling Unik di Dunia, Nomor Dua Diduga karena Salah Dengar

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 17:22 WIB
header img
Asal-usul nama negara paling unik di dunia ini masih jarang diketahui (Foto: Elements Envato)

Nama Finlandia atau Finland memiliki arti “tanah Finns”. Kata tersebut diduga berasal dari bahasa Jermanik “finna” yang berarti “sisik ikan”.

Hal tersebut mengacu pada jenis pakaian yang dipakai oleh suku-suku awal Finlandia.

4. Spanyol

Jika nama Kanada diduga berasal dari peristiwa salah dengar, maka nama Spanyol bermula dari kesalahan observasi yang dilakukan para leluhur.

Diceritakan bahwa pada 3.000 tahun yang lalu, sekelompok kaum bernama Phoenicia melakukan perjalanan dari suatu tempat hingga akhirnya mendiami daerah di sebelah barat Mediterania.

Tempat tersebut kemudian dinamakan I-Shapen-im yang artinya pulau para Hyrax. Hyrax sendiri merujuk pada hewan yang diduga merupakan jenis tikus purba. Ketika bangsa Romawi datang ke tempat ini diberi nama pula dengan Hispania dengan arti hampir sama.

Berpuluh-puluh tahun kemudian baru diketahui bahwa Hyrax yang diduga semacam tikus purba tersebut tak lain adalah kelinci.

Jadi, bisa disimpulkan jika nama I-Shapen-im dan Hispania yang akhirnya menjadi Spanyol itu tercipta karena kesalahan observasi.

5. Moldova

Moldova merupakan negara yang terletak di antara Rumania dan Ukraina di Eropa Timur. Namun, siapa sangka jika nama Moldova terinspirasi dari nama anjing.  Kisah berawal dari seorang Pangeran Romawi bernama Dragos tengah dalam perburuan sebuah bison besar. Sudah berhari-hari si pangeran ini tidak berhasil mendapatkan buruannya tersebut.

Ia pun mengerahkan banyak sekali anjing namun sayang mereka semua mati. Hingga akhirnya ia melepaskan satu-satunya anjing favoritnya yang bernama Molda untuk melanjutkan pencarian. Si Molda berhasil menemukan bison buruan namun sayangnya sudah dalam kondisi mati. Di sisi lain, Molda juga mati tak lama setelahnya dan membuat pangeran sangat sedih.

Untuk mengenang anjingnya, pangeran menamai tanah yang diinjaknya saat itu dengan nama Molda. Akhirnya nama ini pun mengalami sedikit perubahan dan akhirnya lebih dikenal dengan Moldova.

Itulah tujuh kisah asal-usul negara paling unik di dunia. Mana menurutmu yang paling unik?

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut