get app
inews
Aa Read Next : 56 Pelaku Penipuan Online di Sulsel Ditangkap, Sahroni Minta Bongkar Aktor Utamanya

9 Cara Menghindari Kejahatan Siber agar Tetap Aman saat Berselancar di Internet

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:51 WIB
header img
Ilustrasi Kejahatan Siber. (Foto: Unsplash)

4. Abaikan URL yang Mencurigakan

Cara menghindari kejahatan siber selanjutnya adalah Anda bisa mengabaikan URL yang mencurigakan. Pastikan untuk memperhatikan URL yang tertera bila merasa ragu, sebaiknya tidak perlu dibuka. Bukalah informasi dari URL yang jelas karena sering kali muncul pop-up ads yang jika dibuka bisa saja menjebak.

5. Rajin Mengganti Password

Bukan hanya gadget yang perlu dibekali perlindungan password, namun ATM hingga media sosial juga menggunakan password untuk pengamanan. Sebaiknya perlu ada penggantian berkala password untuk semua perangkat yang digunakan. 

6. Menjaga Konektivitas (Bluetooth, WI-FI)

Pemakaian koneksi bluetooth dan WI-FI rupanya tak lepas dari serangan kejahatan siber. Untuk itu, Pastikan bluetooth dan WI-FI gadget Anda tidak dihidupkan saat tidak dipakai lantaran bisa saja pencurian data terjadi.

7. Menggunakan Data Encryption

Tujuan utama enkripsi ialah untuk keamanan, sebab enkripsi sebenarnya proses mengamankan suatu informasi tersebut agar tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Enkripsi ini telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara.

8. Update Software secara Berkala

Seluruh software memperbaharui sistemnya untuk menjadi lebih baik. Karena itu, lakukan pembaruan software untuk penggunaan yang maksimal. Pasalnya, software yang jarang diperbaharui rentan akan kejahatan siber.
 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut