get app
inews
Aa Read Next : 10 Sebab Dihapusnya Dosa dan Kesalahan oleh Allah Ta'ala 

Ini Tiga Fakta Imam Mahdi, Khalifah yang Pimpin Umat Islam di Akhir Zaman

Minggu, 28 Agustus 2022 | 07:00 WIB
header img
Ini Tiga Fakta Imam Mahdi, Khalifah yang Pimpin Umat Islam di Akhir Zaman. (Foto: ilustrasi/Dok SINDOnews)

Dalam Hadis dijelaskan bahwa akan muncul seorang yang namanya mirip dengan Nabi Muhammad SAW sebelum Kiamat terjadi. Dari Abdullah bin Mas'ud berkata:

قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: لاَ تَذْهَبُ الدّنْيَا حَتّى يَمْلِكَ العَرَبَ رَجُلٌ مَنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمَهُ اسْمِي

Artinya: "Rasulullah SAW bersabda: Tidak hancur dunia (Kiamat) sampai orang Arab memiliki seorang laki-laki dari keturunanku yang namanya sama dengan namaku." (HR At-Tirmidzi)

3. Dibaiat di Dekat Kakbah

Nabi shollallohu 'alaihi wassalam bersabda: "Akan ada perselisihan pada saat matinya seorang khalifah. Maka keluarlah seorang laki-laki dari penduduk Kota Madinah berlari menuju Mekkah. Orang-orang dari penduduk Makkah mendatanginya, lalu mereka mengeluarkan laki-laki itu sedang laki-laki itu membencinya. Kemudian mereka membaiat laki-laki itu di antara Rukun Yamani dan Maqam Ibrahim, lalu dikirimkan kepadanya satu pasukan lalu pasukan itu ditenggelamkan di Baida' yang terletak antara Makkah dan Madinah. Maka tiba-tiba orang-orang melihat laki-laki itu didatangi oleh para Abdal dari Syam dan kelompok-kelompok dari Irak lalu mereka membaiat laki-laki itu di antara rukun (Yamani) dan Maqam (Ibrahim). Lalu muncullah seorang laki-laki dari golongan Quraisy yang paman-pamannya dari suku Kalb, kemudian dia (Imam Mahdi) mengirimkan kepada mereka satu pasukan lalu pasukan itu pun mengalahkan mereka. Itu adalah pasukan suku Kalb, dan adalah suatu kerugian bagi siapa saja yang tidak mempersaksikan ghanimah dari Kalb itu. Kemudian dia (Imam Mahdi) mengamalkan di tengah manusia sunnah Nabi mereka dan menyebarkan Islam ke seluruh bumi. Dan dia (Imam Mahdi) akan tinggal selama tujuh tahun lalu meninggal dan disholatkan oleh kaum muslimin." (HR Abu Dawud, Musnad Ahmad, at-Thabarani, Shahih Ibnu Hibban, Musnad Abu Ya'la, Al-Hakim)

Wallahu A'lam

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut