get app
inews
Aa Read Next : 10 Sebab Dihapusnya Dosa dan Kesalahan oleh Allah Ta'ala 

Ini 5 Tugas Nabi Isa yang Turun ke Bumi Menjelang Hari Kiamat, Salah Satunya Membunuh Babi

Kamis, 19 Januari 2023 | 11:45 WIB
header img
Ilustrasi Tugas Nabi Isa yang Turun ke Bumi Menjelang Hari Kiamat. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Umat Islam meyakini salah satu tanda menjelang hari kiamat yakni turunnya Nabi Isa Alaihissalam ke bumi. Dia datang dengan tujuan menyelamatkan umat manusia dari fitnah Dajjal yang bakal menyesatkan nantinya.

Kelak Nabi Isa Alaihissallam bakal meluruskan aliran-aliran yang menyesatkan serta menghancurkan manusia di hari kiamat kelak. Saat beliau turun, keadaan bumi sedang semrawut, penuh kezaliman, sehingga Allah Subhanahu wa Ta'ala mengutusnya untuk membawa kembali umat manusia ke jalan benar.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَىٰ إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا وَجَاعِلُ الَّذِينَ اتَّبَعُوكَ فَوْقَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ۖ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Artinya: "(Ingatlah) ketika Allah berfirman: 'Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan di antaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya." (QS Ali Imran Ayat 55)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Sekelompok dari umatku akan tetap berperang dalam kebenaran secara terang-terangan sampai hari kiamat sehingga turunlah Isa bin Maryam. Maka, berkatalah pemimpin mereka (Al Mahdi): 'Kemarilah dan imamilah sholat kami.' Ia menjawab: 'Tidak. Sesungguhnya, sebagian kamu adalah sebagai pemimpin terhadap sebagian yang lain, sebagai suatu kemuliaan yang diberikan Allah kepada umat ini (umat Islam)'." (HR Muslim dan Ahmad)

Lantas, apa saja tugas Nabi Isa Alaihissallam yang turun ke bumi menjelang hari kiamat kelak? Berikut ini penjelasannya, seperti iNewsBekasi.id himpun dari Okezone, Kamis (19/1/2023).

Tugas Nabi isa yang Turun ke Bumi Menjelang Hari Kiamat

1. Menghapus jizyah 

Tugas Nabi Isa Alaihissallam selanjutnya adalah menghapus jizyah, yaitu upeti atau pajak per kapita yang diberikan oleh penduduk non-Muslim pada suatu negara di bawah peraturan Islam. Adanya jizyah itu, maka non-Muslim dibolehkan tinggal di daerahnya dengan damai.

Lantas dengan turunnya Nabi Isa Alaihissallam, maka nantinya tidak akan ada lagi beban tersebut yang diberikan umat Islam. Imam An-Nawawi rahimahullah mengatakan:

"Makna yang benar adalah bahwa beliau (Nabi Isa) tidak akan menerima jizyah, tidak akan menerima apa pun dari orang kafir kecuali Islam. Adapun orang kafir yang tetap ingin membayar jizyah, mereka tidak akan dilindungi. Bahkan, beliau hanya mau menerima keislaman (orang kafir). Jika enggan, ia akan dibunuh. Demikian yang dikatakan oleh Abu Sulaiman al-Khaththabi rahimahullah dan para ulama selain beliau." (Lihat kitab Syarh An-Nawawi, 2/367)

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut