get app
inews
Aa Read Next : 10 Sebab Dihapusnya Dosa dan Kesalahan oleh Allah Ta'ala 

Ini 5 Tugas Nabi Isa yang Turun ke Bumi Menjelang Hari Kiamat, Salah Satunya Membunuh Babi

Kamis, 19 Januari 2023 | 11:45 WIB
header img
Ilustrasi Tugas Nabi Isa yang Turun ke Bumi Menjelang Hari Kiamat. Foto: Ist

2. Menjadi hakim yang adil

Saat turun ke bumi, Nabi Isa Alaihissallam akan bertugas menjadi hakim yang adil. Meluruskan segala kesesatan hingga menyelamatkan umat dari kezaliman yang akan membuat sengsara di akhirat kelak.

Hal ini sebagaimana dijelaskan Imam An-Nawawi dalam kitab "Syarah Muslim", dan Ibnu Hajar dalam "Fathul Bari":

"Yakni, beliau turun sebagai hakim dengan (hukum) syariat ini, bukan turun sebagai nabi yang membawa risalah tersendiri atau syariat yang menghapus (syariat Nabi Muhamad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, pen). Bahkan beliau adalah salah seorang hakim di antara hakim-hakim umat ini." 

3. Membunuh babi 

Sebagaimana dijelaskan Imam An-Nawawi rahimahullah bahwa tugas Nabi Isa Alaihissallam turun ke bumi saat hari kiamat nanti yaitu membunuh babi. Hewan satu ini salah satu yang diharamkan dalam Islam, khususnya adanya larangan dikonsumsi.

"Pada lafadz hadits ini terdapat dalil bagi mazhab kami (Mazhab Asy-Syafi’i) dan mazhab mayoritas para ulama, yaitu apabila kita menemukan babi di sebuah negeri yang dilanda perang atau negeri yang aman dan kita mampu membunuhnya, hendaknya kita membunuhnya." (Syarh An-Nawawi, 2/367)

4. Mengajak manusia masuk Islam 

Tugas Nabi Isa Alaihissallam yang lainnya adalah mengajak seluruh umat manusia masuk Islam. Maka dengan begitu, mereka terselamtakan dan terhindar dari fitnah Dajjal.

Dalam hadits dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Tidak ada seorang nabi pun antara aku dan dia (Nabi Isa). Dia pasti akan turun. Jika kamu melihatnya, kenalilah ciri-cirinya. (Beliau adalah) seorang lelaki yang berperawakan sedang, berkulit kemerahan, mengenakan dua helai pakaian berwarna agak kuning, dan kepalanya (rambut) yang seakan meneteskan air, padahal tidak basah.

Kemudian dia akan memerangi manusia hingga mereka masuk Islam, menghancurkan salib, membunuh babi, dan menghapus jizyah. Pada masanya, Allah akan menghancurkan seluruh agama selain Islam. Dia akan membunuh Al-Masih Ad-Dajjal, lalu tinggal di bumi selama 40 tahun. Setelah itu beliau wafat dan disholati oleh kaum Muslimin."

(HR Ahmad, Abu Dawud nomor 4324, dan Ibnu Hibban. Hadits ini dinyatakan sahih oleh Ibnu Hajar rahimahullah dalam Fathul Bari, 6/493; dan Syekh Al Albani rahimahullah dalam Ash-Shahihah nomor 2182)

5. Menghancurkan simbol non-Muslim

Menjelang hari kiamat nanti Nabi Isa Alaihissallam juga bertugas menghancurkan simbol non-Muslim. Diketahui bahwa ada benda yang selama ini diyakini oleh orang-orang non-Muslim sebagai simbol kepercayaan dan menggambarkan tentang sosok yang sebenarnya bukanlah Tuhan, melainkan nabi yang diutus oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. (Lihat kitab Fathul Bari, 6/491)

Wallahu a'lam bishawab. 

Artikel ini telah terbit di Okezone dengan judul "5 Tugas Nabi Isa yang Turun ke Bumi Menjelang Hari Kiamat".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut