get app
inews
Aa Read Next : Sudah Edarkan Rp100 Juta Uang Palsu, 2 Sejoli Ini Ditangkap Polisi di Cikarang Bekasi

Gampang Banget! Begini Cara Membedakan Uang Palsu dan Asli, Awas Jangan Sampai Kena Tipu

Minggu, 02 Oktober 2022 | 03:47 WIB
header img
Begini cara membedakan uang palsu dan asli (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Jangan sampai tertipu uang palsu, cara membedakan uang palsu dan asli dengan mudah ini wajib ketahui oleh masyarakat.

Ada banyak hal yang wajib diwaspadai disaat bertransaksi uang secara tunai, salah satunya ialah memastikan keaslian uang Rupiah yang diterima bukanlah yang palsu.

Hal ini biasanya luput dari pengawasan dan banyak orang yang belum terbiasa. Mengenali keaslian uang Rupiah adalah salah satu upaya pencegahan pengedaran uang yang diragukan keasliannya dan sebagai bentuk nyata dalam menjaga simbol kedaulatan negara.

Dengan cermat di awal, pengedar uang palsu bisa cepat ditelusuri jejaknya. Berikut 8 cara membedakan uang asli dan palsu dirangkum dari berbagai sumber:

1. Uang Rupiah Mempunyai Warna yang Terlihat Jelas dan Terang

Perhatikan permukaan depan dan belakang uang, uang rupiah asli memiliki warna yang terang dan jelas. Jika masih ragu, bisa juga disandingkan dengan uang yang sudah pasti asli dan lihat perbedaan warnanya.

2. Benang Pengaman

Uang yang asli memiliki benang pengaman seperti dianyam pada uang kertas nominal Rp100.000, Rp50.000, dan Rp20.000. Biasanya terletak di samping atau dekat gambar pahlawan.

3. Hasil Cetakan Burung Garuda dan Angka Terasa Kasar

Setelah melihat permukaan uang, cobalah meraba uang yang diragukan keasliannya. Uang yang asli memiliki bagian nominal dan burung garuda yang terasa kasar atau bertekstur.

4. Blind Code Terasa Kasar

Selain nominal angka dan burung garuda, blind code atau kode tuna netra berupa pasangan garis di sisi kanan dan kiri uang juga terasa kasar ketika diraba.

5. Terdapat Electrotype dan Watermark

Uang kertas yang asli memiliki watermark (tanda air) berupa gambar pahlawan dan electrotype (ornamen) yang bisa terlihat ketika uang dihadapkan ke cahaya.

6. Konsep Gambar

Gambar multi warna bisa dilihat pada uang pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, dan Rp10 ribu.

Sebagai contoh, pada uang pecahan Rp10 ribu, kamu bisa melihat gambar tersembunyi berupa angka 10 dengan kombinasi warna ungu, biru, dan kuning.

Editor : Iman Ridhwan Syah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut