get app
inews
Aa
Read Next : BPOM Tegaskan Obat SIrup Praxion Aman Dipakai

Simak Ya Bun, Begini Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak yang Musti Diketahui

Senin, 24 Oktober 2022 | 14:07 WIB
header img
Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak. (Foto: Ilustrasi/Cleveland clinics)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kasus gagal ginjal akut pada anak belakangan ini jadi sorotan. Sebab, tingkat kematian atau totally rate kasus ini pun mencapai 55 persen.

Kemenkes dan berbagai pihak terkait juga sampai sekarang terus mendalami penyebab kasus gagal ginjal akut pada anak. Mereka meminta masyarakat dapat mengenali gejala-gejala gagal ginjal akut pada anak suoaya bisa ditangani segera.

Lalu, seperti apa sebenarnya gagal ginjal akut pada anak? Berikut informasinya.

Gagal Ginjal Akut pada Anak

Gagal ginjal akut pada anak yaitu kondisi klinis ketika ginjal mengalami kerusakan atau penurunan fungsi. Keadaan ini dapat disebabkan berbagai penyebab seperti kekurangan cairan infeksi atau adanya sumbatan aliran keluar urine. Gagal ginjal akut juga akan terjadi ketika ginjal tidak bisa menyeimbangkan air serta elektrolit. 

Penyebab gagal ginjal akut pada anak:

Penyebab gagal ginjal akut pada anak terbagi menjadi tiga faktor. Yang pertama adalah faktor prerenal. Faktor yang menyebabkan perburukan fungsi ginjal sebelum organ ginjal dan penyebab yang paling umum adalah syok hipovolemik, Ini di mana suatu kondisi kekurangan cairan yang menyebabkan aliran darah ke ginjal berkurang. 

Yang kedua, yakni faktor renal yaitu gagal ginjal terjadi akibat kerusakan secara langsung adalah toksin, methanol dan infeksi. Lalu, yang ketiga, faktor post renal yaitu suatu keadaan di mana ginjal dapat membentuk urine dengan cukup baik. Namun alirannya dalam saluran kemih terhambat. Hal ini dapat dijumpai pada tumor daerah perut bawah yang menyebabkan urine terbendung dan menyebabkan kerusakan ginjal.

Sementara diagnosis gagal ginjal akut pada anak dapat diketahui oleh keluran urine (urine output) dan/atau kreatinin darah. Anamnesis dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang lain juga diperlukan untuk melihat penyebab, progresivitas, faktor risiko dan komplikasi yang timbul.

Penyakit ginjal akut pada anak biasanya disebabkan oleh kelainan bawaan seperti kelainan kekurangan pembentukan jaringan ginjal disertai adanya sumbatan atau tanpa sumbatan. Ada beberapa komplikasi yang menyebabkan gangguan gagal ginjal akut yang tidak segera ditangani misalnya penurunan kesadaran, kelebihan cairan didalam tubuh, kejang-kejang dan gagal jantung.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut