get app
inews
Aa Read Next : Partai Politik Terima Kucuran Uang Rp1 Triliun Hasil Kejahatan Lingkungan

Begini Cara Membuat Uang Bekerja untuk Kita, Simak Ya!

Minggu, 06 November 2022 | 10:42 WIB
header img
Cara Membuat Uang Bekerja untuk Kita. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Cara membuat uang bekerja untuk kita penting untuk diketahui. Sebab, hal ini bisa membantu Anda menggapai kebebasan finansial untuk masa depan.

Meski punya sumber penghasilan aktif begitu penting, tetapi penghasilan pasif juga perlu dipersiapkan agar kita dapat mandiri secara finansial. 

Seperti diketahui, menyimpan uang cuma lewat pemasukan aktif tak dapat membuat kita berkembang. Pasalnya, pada umumnya pemasukan aktif ini perlahan akan habis seiring dengan kebutuhan sehari-hari dan harga pokok yang semakin melonjak.

Maka dari itu, kita perlu menyiasatinya dengan cara membuat uang bekerja untuk kita. Lantas, bagaimana caranya? Berikut informasinya yang iNewsBekasi.id rangkum dari IDXChannel.

Cara Membuat Uang Bekerja untuk Kita

Membuat uang bekerja untuk kita sama halnya dengan kita yang mengendalikan uang tersebut untuk stabilitas keuangan kita. Pada dasarnya, kita dituntut untuk mengatur keuangan yang kita miliki. 

Oleh karena itu, yang terpenting dari semua hal adalah bagaimana kita bisa menyiasatinya dengan strategi pengaturan keuangan yang baik. Beberapa cara membuat uang bekerja untuk kita bisa dimulai dari langkah-langkah sederhana seperti berikut ini. 

1. Mengubah Pola Pikir Terhadap Uang

Mengubah pola pikir dari menghabiskan seluruh waktu untuk mencari uang menjadi mengendalikan uang itu agar bisa mendatangkan keuntungan. Kita perlu menanamkan kesadaran bahwa kita harus memiliki strategi yang pintar dalam menghasilkan uang tanpa harus menghabiskan seluruh waktu yang kita miliki. 

2. Belajar Membuat Anggaran

Anggaran menjadi satu hal yang sangat penting dalam penanganan keuangan. Oleh karena itu, kita harus membuat anggaran untuk keuangan kita mulai dari mana pendapatannya dan apa saja alokasinya. 

3. Menghindari Utang

Salah satu hal yang harus dihindari ketika kita ingin menstabilkan kondisi keuangan kita adalah dengan menghindari utang. Sebab, saat kita memiliki utang kita memiliki start dari minus yang akan menyusahkan kita untuk mengelola keuangan dan berbagai alokasinya. 

4. Menyiapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat berarti kita membuat uang bekerja dengan cara yang lebih baik. Mengapa demikian? Sebab, dengan dana darurat ini, kita memiliki antisipasi yang baik ketika ada hal-hal di luar prediksi yang terjadi dan membutuhkan dana. 

5. Memikirkan Investasi yang Tepat

Investasi merupakan cara membuat uang bekerja untuk kita yang paling tepat. Dengan investasi, kita akan memiliki pendapatan pasif di luar pendapatan aktif yang kita alokasikan untuk kebutuhan sehari-hari. Memilih investasi yang tepat dapat membuat Anda memperoleh kestabilan finansial. 

Ada dua cara untuk membuat uang bekerja untuk kita melalui investasi. Kita dapat menjadikan pemasukan aktif sebagai sarana penambah uang di sektor riil dan pasar modal. Sektor riil bisa melalui usaha kecil-kecilan, berjualan, buka warung,  arisan, berbisnis, dan lain sebagainya. 

Namun, sektor riil membutuhkan tenaga dalam mengerjakannya. Sementara itu,  untuk pasar modal, mekanisme kerja uang tidak terlalu membutuhkan tenaga kita.  

Beberapa bentuk investasi di pasar modal sebagai cara memperoleh pendapatan pasif antara lain sebagai berikut. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut