get app
inews
Aa
Read Next : Bikin Gemas! Rayyanza Menyahut saat Diajak Ngobrol Bahasa Sunda, Netizen: Cipung Pintar Banget

Kenapa Jawa Barat Tidak Memakai Bahasa Jawa? Berikut Faktornya

Minggu, 06 November 2022 | 11:25 WIB
header img
Budaya Sunda ramaikan parade KAA di Bandung. Kenapa orang jawa Barat tidak berbahasa Jawa? (Foto: Anthropoholic)

iNewsBekasi.id - Kenapa Jawa Barat tidak memakai bahasa Jawa? Pertanyaan seperti itu sering muncul mengingat wilayah Jawa Barat berada di Pulau Jawa. Padahal Jawa Barat masuk dalam kepulauan Jawa dan tidak menggunakan bahasa Jawa.
  
Dilansir dari Okezone, ternyata hal ini didasari oleh masyarakat Jawa Barat menganggap wilayahnya tidak masuk dalam kepulauaan Jawa berdasarkan dari nenek moyang mereka.

Hal itu juga dilakukan oleh beberapa wilayah yang masuk pulau Jawa tidak menggunakan bahasa Jawa sebagai alat komunikasinya. Salah satunya yaitu Jakarta dan Banten. Hal ini dikarenakan memiliki budaya yang berbeda-beda.

Beberapa provinsi mayoritas Jawa (Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur) diinstruksikan untuk secara resmi memasukkan bahasa Jawa sebagai bahasa daerah untuk diajarkan di sekolah dasar.

Alasan kenapa Jawa Barat tidak berbahasa Jawa ini pernah ditulis olhe ome Pires, seorang penjelajah Portugis. Dalam catatannya, pada abad ke-16 menjelaskan bahwa Tatar Pasundan adalah tanah kesatria dan pelaut pemberani. Mereka jauh lebih terkenal dibandingkan para kesatria atau pelaut dari Jawa. Menurut Pires orang Sunda pada masa itu selalu bersaing dengan orang Jawa, begitu pula sebaliknya.

Dalam keseharian, antara orang Jawa dan Sunda tidak terlalu akrab dan berteman. Tetapi tidak pula bermusuhan. Mereka mengurus urusannya masing-masing. Mereka saling berdagang. 

Tapi ketika bertemu di lautan sebagai seorang perompak, pihak yang lebih siap akan lebih dulu menyerang. Serangan biasanya terjadi di wilayah perairan Cimanuk, tak peduli betapa erat hubungan atau pertemanan diantara keduanya.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut