Logo Network
Network

Kumpulan Ayat Alquran tentang Gempa, Lengkap dengan Arti dan Maknanya

Hantoro, Jurnalis
.
Selasa, 22 November 2022 | 16:16 WIB
Kumpulan Ayat Alquran tentang Gempa, Lengkap dengan Arti dan Maknanya
Ilustrasi Ayat Alquran tentang Gempa. Foto: Dok. iNews

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Gempa magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022). Beberapa daerah di sekitrnya juga ikut merasakan getaran gempa yang begitu besar tersebut, salah satunya DKI Jakarta.

Di ajaran agama Islam, gempa bukan sekadar sebuah fenomena alam. Gempa adalah sebuah tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Ini sebagai teguran sekaligus bentuk kasih sayang Allah Ta'ala untuk umat manusia.

Allah Azza wa Jalla memberi teguran kepada manusia supaya kembali kepada Islam dan menjauhi maksiat. Allah Ta'ala pula yang menjadikan pergerakan lempeng bumi dan terjadilah gempa atas izin-Nya.

Musibah gempa ini juga sudah dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala di ayat-ayat suci Alquran. Berikut ayat Alquran tentang gempa lengkap dengan arti dan maknanya, sebagaimana terdapat dalam Alquran Digital Okezone:  

1. Surat Al A'raf Ayat 78

فَاَخَذَتۡهُمُ الرَّجۡفَةُ فَاَصۡبَحُوۡا فِىۡ دَارِهِمۡ جٰثِمِيۡنَ

Artinya: "Lalu datanglah gempa menimpa mereka, dan mereka pun mati bergelimpangan di dalam reruntuhan rumah mereka." (QS Al A'raf (7): 78)

2. Surat Al A'raf Ayat 91

فَاَخَذَتۡهُمُ الرَّجۡفَةُ فَاَصۡبَحُوۡا فِىۡ دَارِهِمۡ جٰثِمِيۡنَ

Artinya: "Kemudian mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di dalam rumah-rumah mereka," (QS Al A'raf (7): 91)  

3. Surat Hud Ayat 67

وَاَخَذَ الَّذِيۡنَ ظَلَمُوا الصَّيۡحَةُ فَاَصۡبَحُوۡا فِىۡ دِيَارِهِمۡ جٰثِمِيۡنَۙ‏

Artinya: "Kemudian suara yang mengguntur menimpa orang-orang zhalim itu, sehingga mereka mati bergelimpangan di rumahnya." (QS Hud (11): 67) 

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini