get app
inews
Aa
Read Next : Viral! Bule India di Bali Naik Mini Cooper Isi Bensin di Warung Eceran

Deretan Lokasi di Bumi yang Mirip Seperti Planet Mars, Nomor 5 Deadvlei Namibia

Selasa, 29 November 2022 | 17:49 WIB
header img
Lokasi di Bumi yang Mirip Seperti Planet Mars. Foto: Dok. SINDOnews

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Deretean lokasi di Bumi yang mirip seperti planet Mars akan dibahas dalam artikel ini. Seperti diketahui, Planet Mars jadi tujuan menarik berbagai misi luar angkas guna mempelajari kondisi lingkungan dan kemungkinan untuk dihuni.

Walau belum ada manusia yang tiba di sana, rupanya terdapat tempat-tempat di Bumi yang kondisinya mirip seperti Planet Mars. Beberapa lokasi mudah dijangkau dan ada tempat terutama bagi para peneliti untuk membuka rahasia kehidupan di Planet Merah, julukan Planet Mars.

Lokasi ini bisa menjadi tujuan sebelum perjalanan ke Planet Merah terwujud. Lantas, apa saja lokasi di Bumi yang mirip seperti Planet Mars? Berikut informasinya yang iNewsBekasi.id rangkum dari SINDOnews.

Lokasi di Bumi yang Mirip Seperti Planet Mars

1. Kawah Haughton, Kanada

Jika ingin mencari tempat di Bumi yang menyerupai iklim Mars yang berdebu, berangin, kering tetapi sangat dingin, pergilah ke Kanada utara. Di Pulau Devon besar yang tidak berpenghuni, ada Kawah Haughton yang terbentuk 23-32 juta tahun yang lalu akibat tumbukan sebuah objek sepanjang 2 kilometer.

Hari ini, para peneliti telah menjuluki daerah itu "Mars di Bumi," berkat data geologi dan klimatologi kawah yang mirip dengan planet merah. NASA berencana untuk melakukan penelitian dalam Proyek Haughton-Mars, yang akan menangani masalah komunikasi, pengujian peralatan, dan operasi kendaraan dan kendaraan khusus untuk persiapan misi Mars di masa depan.

2. Danau Salda, Turki

Meskipun belum diketahui keberadaan air di Mars, ada aspek lain yang membuat Danau Salda di Turki mirip dengan planet merah. Secara spesifik, Danau Salda adalah danau kawah, mirip dengan kawah di Mars yang diyakini para peneliti dulunya berisi air seperti Danau Salda saat ini.

Faktanya, pada awal 2021, NASA mengungkapkan bahwa Danau Salda memiliki mineralogi dan geologi yang sama dengan Kawah Jezero di Mars, tempat rover Perseverance mendarat pada bulan Februari 2021.

3. Wadi Rum, Yordania

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut