get app
inews
Aa Read Next : Daftar Hewan yang Berpuasa Cukup Lama, Nomor 4 Mampu hingga 10 Tahun

Deretan Hewan yang Sudah Punah Akibat Ulah Manusia, Ada Harimau Jawa hingga Zebra Afrika

Selasa, 06 Desember 2022 | 15:11 WIB
header img
Hewan yang Sudah Punah Akibat Ulah Manusia. Foto: quaggaproject

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Hewan yang sudah punah akibat ulah manusia jadi kerugian terhadap ekosistem di suatu wilayah. Sebab, hewan adalah rantai makanan untuk menjaga populasi di habitat itu.

Namun sayangnya, gegara ulah manusia yang melakukan perburuan, banyak hewan berikut yang telah tiada. Upaya pemerintah setempat dan organisasi nirlaba untuk menjaga keberadaan hewan langka juga tidak sepenuhnya berhasil.

Lantas, apa saja hewan yang sudah punah akibat ulah manusia? Berikut informasinya yang iNewsBekasi.id himpun dai berbagai sumber.

Hewan yang Sudah Punah Akibat Ulah Manusia

1. Macan Tasmania

Thylacine atau macan Tasmania adalah salah satu hewan karnivora yang menguasai hutan di Australia. Hewan ini mirip anjing doberman namun memiliki corak loreng di punggung hingga ke pangkal ekor.

Hewan ini tidak mengenal rasa takut dan memiliki kekuatan rahang yang sangat luar biasa sehingga membuat takut masyarakat Australia pada zaman itu.

Karena manusia merasa terancam, akhirnya dilakukan perburuan besar-besaran yang membuat hewan ini mulai langka. Hewan Thylacine terakhir di dunia berada di Kebun Binatang Hobart hingga mati pada 1930-an.

2. Zebra Afrika

Quagga atau Zebra Afrika adalah hewan endemi hutan Afrika dan keberadaannya sudah punah sejak tahun 1800-an. Melihat tampilannya, hewan ini mirip dengan perpaduan antara zebra dan kuda.

Ini terlihat dari bentuk kepala sampai leher yang menyerupai zebra dengan lurik hitam putih. Sedangkan di bagian badan hingga kaki menyerupai kuda. Hewan ini diburu untuk diambil daging dan kulitnya.

Ilmuwan mencoba menghidupkan kembali hewan ini beberapa waktu lalu melalui sperma Quagga yang diawetkan. Setelah menemukan indukan zebra yang hampir mirip dengan Quagga, ilmuwan berusaha melakukan kloning tapi gagal.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut