get app
inews
Aa Read Next : Kasihan, Ratusan Kucing Mati di Padang Pasir Abu Dhabi tanpa Penanganan

Deretan Hewan Paling Lama Tidur di Dunia, Salah Satunya hingga 22 Jam Sehari

Senin, 14 Februari 2022 | 11:11 WIB
header img
Hewan paling lama tidur di dunia bisa mencapai 22 jam sehari dan rekor ini dipegang oleh Koala yang merupakan hewan asli Australia. (Foto: dok SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Hewan paling lama tidur di dunia akan di bahas dalam artikel ini. Lamanya siklus tidur pada hewan ini bukan berarti malas, namun terdapat manfaat fisiologis dari lamanya mereka tidur ini.

Dikutip dari Zooportrait, beberapa peneliti menyatakan jika fungsi utama tidur adalah untuk pemulihan dan perlindungan. Sebab saat tidur, tubuh akan mendapat kesempatan untuk mengisi ulang atau mengatur ulang proses fisiologis atau neurologis, seperti pelepasan hormon saat tidur.

Hormon pertumbuhan sangat penting di sini, karena tidak diproduksi di siang hari dan puncak pelepasan maksimumnya adalah 50-60 menit sebelum tidur. Melatonin juga penting, karena mengatur tidur dan terjaga, dan diproduksi saat matahari terbenam. 

Sedangkan fungsi pelindung tidur, tetap diam dan tidak aktif untuk mengurangi risiko dimangsa dan kerusakan mekanis. Bisa juga tidur ini untuk menghemat energi. Teori lain yang lebih sederhana, tidur adalah ritme harian untuk istirahat.

Lalu hewan apa saja yang memiliki waktu tidur lebih lama? Berikut 7 hewan paling lama tidur di dunia yang dikutip dari Lolwot:

1. Kucing 

Kucing rata-rata tidur mencapai 11-12 jam per hari dan terkadang bisa lebih lama. Kucing sebenarnya paling aktif antara senja dan fajar, itulah sebabnya mereka menghabiskan banyak hari dengan tidur saat Anda pergi bekerja.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut