get app
inews
Aa Read Next : Hukum Memelihara Anjing bagi Umat Islam, Boleh atau Tidak?

Hewan-Hewan yang Haram Dipelihara Menurut Islam, Ada Burung Gagak hingga Ular

Sabtu, 17 Desember 2022 | 14:14 WIB
header img
Hewan yang Haram Dipelihara Menurut Islam, salah satunya Ular. Foto: Freepik

3. Burung Gagak

Burung gagak yang dimaksud di sini adalah burung gagak yang putih punggung dan perutnya. Ini burung gagak yang tidak boleh dipelihara menurut Islam.

Hal itu sesuai hadits riwayat Imam Syafi'i bahwa gagak tidak boleh dipelihara dan dibolehkan dibunuh. Hikmah dari tidak memelihara gagak adalah karena gagak bukanlah hewan yang akan mendapatkan keberkahan dan kemanfaatan.

Allah Subhanahu wa ta'ala melarang suatu hal untuk dilakukan oleh umat Islam bukan tanpa alasan. Pastinya ada hal yang mendasari, terutama dilihat dari manfaat dan dampak negatif untuk kaum Muslim.  

4. Cicak

Cicak adalah hewan yang sering berada dan berkeliaran di rumah. Hewan ini dilarang dipelihara. Meskipun ada di rumah, seharusnya cicak dibunuh.

Sebagaimana pendapat Ummu Syarik, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memerintahkan untuk membunuh cicak, sebagaimana sabda beliau, "Dahulu cicak yang meniup dan membesarkan api yang membakar Ibrahim." (HR Muttafaq ‘alaih)

Semua hewan yang diperbolehkan dibunuh adalah hewan yang diharamkan juga untuk dipelihara apalagi dimakan dagingnya. Cicak juga termasuk hewan pengganggu dan hewan yang najis serta kotor.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut