get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Bekasi Jadi Tuan Rumah Penyelanggaraan MTQ ke-38 Jawa Barat

Ini 5 Makhluk Selain Manusia yang Disebutkan dalam Alquran dan Hadits, Apa Saja?

Jum'at, 13 Januari 2023 | 10:39 WIB
header img
Ilustrasi Makhluk Selain Manusia yang Disebutkan dalam Alquran dan Hadis. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Selain manusia, ada beberapa makhluk selain manusia yang disebutkan dalam Alquran dan Hadis.

Makhluk-makhluk itu pun bukan isapan jempol belaka, lantaran kehadirannya, karakternya hingga perbuatannya dijelaskan Allah Subhanahu wa ta'ala melalui ayat-ayat suci Alquran dan hadis.

Lantas, apa saja lima makhluk selain manusia yang disebutkan dalam Alquran dan hadis? Berikut informasinya, sebagaimana dihimpun dari kanal YouTube Lensa Aswaja, Jumat (13/1/2023).

Makhluk Selain Manusia yang Disebutkan dalam Alquran dan Hadis

1. Ya'juj dan Ma'juj

Ini adalah sebutan untuk bangsa yang akan muncul di akhir zaman, yang memiliki kekuatan bisa merusak kehidupan di bumi. Selain di Alquran, kisah makhluk ini juga ada dalam kitab ajaran lain.

Identitas Ya'juj dan Ma'juj disebutkan sesungguhnya hanya diketahui oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Ibnu Katsir rahimahullah menyebutkan Ya'juj dan Ma'juj adalah keturunan Nabi Adam Alaihissallam. Silsilah mereka dikatakan berasal dari keturunan Yafits bin Nuh Alaihissallam. Meski masih keturunan manusia, Ya'juj dan Ma'juj disebut punya ciri khas berbeda dari manusia pada umumnya.

Dalam hadis disebutkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Ya'juj dan Ma'juj memiliki muka yang lebar, mata yang kecil (sipit), dan warna putih di rambut atas mereka. Bentuk wajah mereka dikatakan mirip perisai." (HR Imam Ahmad)

Dikatakan pula, Ya'juj dan Ma'juj tidak memiliki kemampuan bahasa atau perkataan yang diucap manusia. Dalam Alquran, Ya'juj dan Ma'juj dikisahkan diisolasi oleh benteng dari logam yang dibangun Nabi Zulkarnain Alaihissallam dan akan berhasil keluar pada waktu yang telah ditetapkan.

Ya'juj dan Ma'juj disebutkan dalam Surat Al Anbiya Ayat 96–97: "Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit) maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang kafir. (Mereka berkata), 'Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini. Bahkan kami adalah orang-orang yang zhalim'."

2. Buraq

Hewan kendaraan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ini berbetuk kuda bersayap. Buraq diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala dari cahaya. Buraq-lah yang menjadi tunggangan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dalam peristiwa Isra Mikraj.

Secara istilah, Buraq diartikan sebagai burung cenderawasih. Oleh kamus diartikan sebagai burung dari surga (bird of paradise).

Berasal dari kata "Barqu" yang artinya 'Kilat'. Jika diartikan, Buraq adalah kendaraan yang kecepatannya di atas kilat, melebihi kecepatan cahaya.

Buraq disebutkan dalam hadis dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Didatangkan kepadaku Buraq, yaitu hewan (dabbah) yang berwarna putih (abyadh), bertubuh panjang (thawil), lebih besar daripada keledai dan lebih kecil dari baghal. Dan sekali ia menjejakkan kakinya yang berkuku, bergerak sejauh mata memandang." (HR Muslim, kitab Al Jami al Shahih Juz I)

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut