get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Bekasi Jadi Tuan Rumah Penyelanggaraan MTQ ke-38 Jawa Barat

Ini 5 Makhluk Selain Manusia yang Disebutkan dalam Alquran dan Hadits, Apa Saja?

Jum'at, 13 Januari 2023 | 10:39 WIB
header img
Ilustrasi Makhluk Selain Manusia yang Disebutkan dalam Alquran dan Hadis. Foto: Ist

5. Dajjal

Derajat dari semua kezaliman yang muncul menjelang hari kiamat kelak. Makhluk jahat yang membawa fitnah mengerikan di akhir zaman. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memperingatkan umatnya untuk membaca 10 ayat pertama Surat Al Kahfi sebagai bentuk perlindungan dari dajjal atau berlindung di Kota Madinah atau Makkah, sebab dajjal tidak bisa memasuki dua kota suci ini yang selalu dijaga malaikat.

Dijelaskan dalam hadis dari Fatimah binti Qais Radhiyallahu anha bahwa dajjal mengatakan: "Lalu aku bisa keluar, aku akan berjalan di muka bumi maka tidak akan aku tinggalkan satu kampung pun kecuali aku singgah kepadanya dalam waktu empat puluh malam selain Makkah dan Thaibah (Madinah Al-Munawarah). Bagaimana rupanya? Dajjal berwujud seorang pria berambut keriting dan buta sebelah matanya, seperti yang disebut dalam hadits dari Ubadah bin ash-Shamit Radhiyallahu anhuma, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 'Sesungguhnya dajjal adalah seorang laki-laki, pendek, jarak antara kedua betisnya berjauhan, keriting, buta sebelah mata yang terhapus tidak terlalu menonjol, tidak pula terlalu ke dalam. Maka jika dia melakukan kerancuan (mengaku sebagai Rabb) kepadamu. Maka ketahuilah, sesungguhnya Rabb kalian tidak buta sebelah'." (HR Abu Dawud)

Wallahu a'lam bishawab.

Artikel ini telah terbit di Okezone dengan judul "5 Makhluk Selain Manusia yang Dijelaskan Alquran dan Hadis, Nomor 3 Muncul ketika Kiamat".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut