get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Bekasi Jadi Tuan Rumah Penyelanggaraan MTQ ke-38 Jawa Barat

Ini 5 Makhluk Selain Manusia yang Disebutkan dalam Alquran dan Hadits, Apa Saja?

Jum'at, 13 Januari 2023 | 10:39 WIB
header img
Ilustrasi Makhluk Selain Manusia yang Disebutkan dalam Alquran dan Hadis. Foto: Ist

3. Azazil

Berdasarkan syariat, Azazil adalah pemimpin kelompok setan dari kalangan jin dan manusia di mana sebelum Nabi Adam Alaihissallam diciptakan, Azazil adalah pemimpin kelompok malaikat yang punya wajah rupawan dan memiliki empat sayap. Tapi ada juga yang menyebutkan Azazil bukan dari golongan malaikat.

Setelah tidak mau menuruti perintah Allah Subhanahu wa ta'ala yakni bersujud kepada Nabi Adam Alaihissallam maka Allah Ta'ala melaknatnya dengan mengubah kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging menonjol ketat, wajahnya seperti kera, dan kedua matanya terbelah sepanjang wajahnya.

Azazil diberi usia panjang untuk menyesatkan umat manusia sebanyak mungkin agar menemaninya di neraka. Hal ini ada dalam Surat Al Hijr Ayat 36. Azazil meminta pada Allah Subhanahu wa ta'ala, "Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tanggulah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan," (QS Al Hijr: 36)

"Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka jahanam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya." (QS Shaad: 85)

4. Dabbat Al Ard

Difrasakan dalam bentuk hewan melata yang akan keluar dari Kota Makkah dekat Gunung Safa setelah peristiwa matahari terbit dari Barat. Muncul dan berkata fasih dan jelas.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, "Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka. Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan pada mereka bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (QS An-Naml: 82)

Dabbat Al Ard disebutkan akan muncul ke bumi dengan membawa tongkat Nabi Musa Alaihissallam dan cincin Nabi Sulaiman Alaihissallam.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Akan keluar binatang melata dengan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman. Lalu ia akan menyinari wajah mukmin dengan tongkat dan menstempel hidung orang-orang kafir dengan cincin. Sehingga orang-orang yang ada di meja makan berkumpul dan mengenali satu persatu seraya berkata, ini mukmin dan yang lain berkata ini kafir." (HR Ahmad)

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut