get app
inews
Aa Read Next : Akibat Aksi Panggung Kontroversinya di Malaysia, The 1975 Dituntut Rp40 Miliar

Deretan Negara Islam yang Pernah Dijajah Inggris, Apa Saja?

Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:46 WIB
header img
Ilustrasi Negara Islam yang Pernah Dijajah Inggris. Foto: Unsplash

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Terdapat beberpa negara Islam yang pernah dijajah Inggris. Seperti diketahui, Inggris adalah salah satu negara yang dikenal sebagai tujuan untuk belajar sampai wisata.

Kendati demikian, tahukah Anda jika United Kingdom (UK) atau Inggris adalah bangsa penjajah? Mereka pun termasuk menjajah sejumlah negara Islam.

Inggris membangun kejayaannya di atas kolonialisasi selama berabad-abad. Mereka pernah menjajah serta mengeksploitasi hampir 90 persen teritori di muka bumi. Termasuk di dalamnya negara-negara Islam yang pernah dijajah.

Lantas, apa saja negara Islam yang pernah dijajah Inggris? Berikut informasinya, sebagaimana iNewsBekasi.id himpun.

Negara Islam yang Pernah Dijajah Inggris

1. Sudan

Sudan pernah dijajah oleh Inggris pada 1890-an. Kala itu pasukan Inggris menyerbu wilayah yang dipimpin oleh Mahdi. Kemudian memaksanya mengikuti aturan dan kebijakan mereka yakni dengan mengisi jabatan administratif tertinggi oleh pejabat-pejabat Inggris.

Tidak tahan terus dijajah dan ditekan oleh Inggris, akhirnya setelah berakhirnya Perang Dunia I terjadi gerakan perlawanan dari Sudan terhadap Inggris.

Lalu sadar pihak Inggris tidak bisa menekan dan melawan Sudan, akhirnya mereka menandatangani perjanjian pada 1953. Dalam kesepakatan itu membuahkan hasil pemerintahan sendiri bagi negara Sudan.

2. Mesir

Mesir adalah negara Islam yang pernah dijajah Inggris, tepatnya pada tahun 1882. Kala itu mereka hampir menguasai seluruh wilayah Negeri Piramid ini tanpa adanya otoritas hukum serta menjadikannya protektorat. Ini artinya suatu negara yang berada di bawah perlindungan negara lain untuk pertahanan terhadap agresi dan pelanggaran hukum lainnya.

Saat menjajah Mesir, Inggris berupaya memperkuat kedudukannya pada masa Perang Dunia I. Apalagi saat itu Mesir merupakan bagian dari wilayah kekuasaan Ottoman.

Selanjutnya pada 21 Februari 1922, Mesir mendesak Inggris agar adanya kebebasan dan kemerdekaan.

3. Afghanistan

Afghanistan juga menjadi negara Islam yang pernah dijajah oleh Inggris, yaitu sejak abad 19 ke wilayah yang berbatasan dengan Asia Tengah dan Asia Selatan ini.

Saat itu Inggris yang berupaya melindungi India dari Rusia melakukan pendekatan terhadap Afghanistan.

Selanjutnya rencana invasi Inggris terhadap Afghanistan saat itu menimbulkan perang tiga kali berturut-turut yaitu pada tahun 1834–1842, 1878–1880, dan 1919.

4. Irak

Irak juga termasuk negara Islam yang pernah dijajah dan di bawah kekuasaan Inggris. Mereka membentuk rezim kolonial di Irak setelah merebutnya dari Turki Utsmani pada kampanye militer yang panjang selama Perang Dunia I.

Saat itu Inggris diberikan mandat oleh Liga Bangsa-Bangsa untuk memerintah negara tersebut pada tahun 1920. Sebuah monarki Hashemite diorganisasi di bawah kekuasaan Inggris, tepatnya pada 1921.

Selanjutnya setelah dijajah oleh Inggris selama satu dekade lamanya, akhirnya Irak mendapat kemerdekaan pada 3 Oktober 1932.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut