get app
inews
Aa Read Next : Akibat Aksi Panggung Kontroversinya di Malaysia, The 1975 Dituntut Rp40 Miliar

Deretan Negara Islam yang Pernah Dijajah Inggris, Apa Saja?

Sabtu, 14 Januari 2023 | 09:46 WIB
header img
Ilustrasi Negara Islam yang Pernah Dijajah Inggris. Foto: Unsplash

8. Tanzania

Negara berpenduduk mayoritas Islam yang ada di wilayah Afrika ini secara resmi berdiri pada 1964. Mulanya terbentuk dari persatuan wilayah daratan yang jauh lebih besar di Tanganyika dan kepulauan pesisir Zanzibar. Ini persatuan wilayah daratan yang jauh lebih besar di Tanganyika dan kepulauan pesisir Zanzibar.

Tanzania juga sempat dijajah oleh Inggris. Berawal dari koloni dan bagian Afrika Timur Jerman dari tahun 1880 hingga 1919 ketika di bawah Liga Bangsa-Bangsa, kemudian menjadi mandat Inggris.

Tanzania sendiri difungsikan sebagai pos militer Inggris selama Perang Dunia II, menyediakan bantuan keuangan, amunisi, dan tentara.

9. Moghul

Negara-negara Moghul yang terdiri dari India, Pakistan, dan Bangladesh ini juga sempat dijajah oleh Inggris. Rata-rata agama dari negara tersebut adalah Islam.

Mulanya penjajahan Inggris dari perniagaan yang dijalankan di Moghul serta kerajaan Islam yang meliputi India-Pakistan-Bangladesh pada abad 18. Pedagang Inggris saat itu menjalin hubungan niaga dengan orang-orang Bengal, terdiri dari Muslim dan Hindu.

10. Syam

Syam merupakan sebutan gabungan dari negara-negara Islam, yaitu di antaranya Palestina, Yordania, Lebanon, dan Suriah. Negeri ini juga pernah menjadi wilayah kekuasaan dan penjajahan Inggris kala itu.

Berbagai peristiwa besar saat itu memecah negara mencatat dibelahnya Syam menjadi empat negara yakni Palestina, Suriah, Yordania, dan Lebanon.

Wallahu a'lam bisshawab.  

Artikel ini telah terbit di Okezone dengan judul "10 Negara Islam yang Pernah Dijajah Inggris, Beberapa di Antaranya Tetangga Indonesia".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut