get app
inews
Aa Read Next : Deretan Artis Era 1980-an yang Kecantikannya Tidak Luntur, Nomor 4 Masih Wara-wiri di Layar Kaca

Intip Perjalanan Lydia Kandou, Artis Senior Blasteran yang Mengawali Karier sebagai Bintang Iklan

Sabtu, 14 Januari 2023 | 12:31 WIB
header img
Perjalanan Lydia Kandou. Foto: Instagram/@lydiakandou_

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Perjalanan Lydia Kandou menarik untuk diulas. Lydia Kandou dikenal sebagai salah seorang artis senior yang masih eksis di dunia hiburan.

Selain di layar lebar, dirinya pun kerap membintangi sinetron. Pemilik nama lengkap Lydia Ruth Elizabeth Kandou ini memulai kariernya dari bintang iklan Sakura Film. Nasib membawanya bertemu Imam Tantowi yang mengajaknya bermain sebagai bintang pendukung di film Wanita Segala AZaman pada 1979.

Era 1980 hingga 1990-an awal menjadi masa keemasan dalam karier Lydia. Terbukti, lebih dari 40 film dia bintangi dalam kurun waktu tersebut.

Film-film populer yang dibintanginya antara lain Seindah Rembulan (1980), Darna Ajaib (1980), Serigala (1981), Maju Kena Mundur Kena (1983), Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1985), Memburu Makelar Mayat (1986), Boneka dari Indiana (1990), dan Ramadhan dan Ramona (1992).

Perjalanan Lydia Kandou dalam jejak rekam kariernya di dunia seni peran, perempuan blasteran Belanda, Filipina, dan Indonesia ini dinominasikan 6 kali dalam Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI). Dia berhasil memenangkan dua di antaranya lewat film Boneka dari Indiana serta Ramadhan dan Ramona.

Dia pernah meraih dua Piala Citra itu untuk kategori Pemeran Wanita Terbaik pada 1991 dan 1992. Bahkan, keberhasilannya ini mencatatkan namanya dalam sejarah perfilman Indonesia sebagai aktris pertama yang memenangkan kategori tersebut berturut-turut.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut