get app
inews
Aa Read Next : Camat Bekasi Selatan Apresiasi Kehadiran Klinik ICHC

3 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan, Nomor 1 Dapat Tingkatan Daya Ingat

Minggu, 22 Januari 2023 | 10:57 WIB
header img
3 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 1 Dapat Tingkatan Daya Ingat. (Foto: Freepik/Senivpetro)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Hari libur (weekend) adalah waktu yang tepat untuk beristirahat sepenuhnya dari aktivitas sehari-hari. Rasa lelah dari aktivitas sehari-hari mungkin saja menumpuk, sehingga tidur siang akan sangat membantu.

Kebanyakan ahli sepakat bahwa tubuh membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per hari, tergantung pada faktor pribadi dan genetik. Jika tidak cukup tidur, dapat mengalami lebih banyak kemurungan, perilaku agresif, kelelahan, dan lebih banyak stres.

 tidur siang

3 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

3. Peningkatan fungsi kognitif

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa tidur siang selama 1 jam memiliki efek restoratif (pemulihan) yang lebih besar dibandingkan tidur siang selama 30 menit. Hal ini termasuk peningkatan fungsi kognitif yang jauh lebih besar.

2. Mood booster

Bukan hanya memulihkan kondisi fisik, tidur siang juga dapat meningkatkan mood seseorang. Tidur siang, atau hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pandangan Anda.

Menurut para ahli relaksasi, seperti tidur siang atau berbaring dan istirahat merupakan penguat suasana hati, baik Anda tertidur atau tidak. Bahkan manfaat dari tidur siang, singkat seperti 10-15 menit juga bisa bermanfaat.

Menurut WebMD, tidur siang singkat dapat meminimalisir rasa grogi, namun tidak dianjurkan terlalu lama. Semakin lama tidur siang, semakin besar kemungkinan memiliki perasaan itu. Semakin buruk, semakin banyak waktu yang Anda perlukan untuk bangun dan kembali bekerja.

1. Tingkatan Daya Ingat

Menurut penelitian, tidur siang memiliki manfaat karena memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang dapat membantu Anda mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari dengan sebaik tidur malam penuh.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut