Logo Network
Network

Melihat Indahnya 4 Masjid Apung di Indonesia, Nomor 2 Diresmikan Jusuf Kalla

Novie Fauziah/Eka Dian Syahputra
.
Senin, 23 Januari 2023 | 08:43 WIB
Melihat Indahnya 4 Masjid Apung di Indonesia, Nomor 2 Diresmikan Jusuf Kalla
Indahnya Masjid Apung di Indonesia, Salah Satunya Masjid Amirul Mukminin di Makassar. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Indonesia menjadi negara dengan  penduduk mayoritas muslim punya beragam bangunan masjid indah. Menariknya, ada masjid apung di beberapa daerah.

Tak hanya jadi tempat ibadah umat Islam, masjid apung di Indonesia sekaligus menjadi destinasi wisata religi. Arsitektur yang menarik dan cocok bagi Anda ingin melihat bangunan-bangunan masjid unik.

Dilansir dari Okezone, berikut empat masjid terapung di Indonesia yang sangat menarik dikunjungi sebagai destinasi wisata religi.

Masjid Apung di Indonesia

1. Masjid Amahami di Bima NTB


Masjid Amahami di Bima NTB. Foto: Istimewa

Masjid Terapung Amahami berlokasi Pantai Amahami di Jalan Sultan Muhamad Salahuddin, Belo, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masjid satu ini cukup menarik perhatian lantaran menjadi salah satu bangunan yang unik.

Desain masjid ini cukup unik, bagian atasnya berbentuk segitiga dan beberapa menaranya disertai kubah. Bahkan, ada ornamen khas Bima, yaitu bunga satako yang artinya bunga setangkai.

Ada makna khusus di balik bunga satako, yaitu mencerminkan menebar kebaikan di dan keharmonisan di sekitarnya.

2. Masjid Amirul Mukminin di Makassar

Berlokasi tepat di timur laut Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Masjid Amirul Mukminin disebut-sebut sebagai masjid apung pertama di Indonesia. Dikenal sebagai masjid terapung karena lokasinya unik.

Masjid Amirul Mukminin berada tepat di atas air laut, sehingga tampak seolah-olah terapung di permukaan air saat laut pasang.

Mulanya pembangunan Masjid Amirul Mukminin merupakan gagasan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin untuk memperkaya khasanah landmark Kota Makassar juga sebagai wisata religius. Dibangun mulai 8 Mei 2009, masjid ini kemudian diresmikan pada 21 Desember 2012 oleh Muhammad Jusuf Kalla.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.