Sederet Keistimewaan Nabi Adam AS, Miliki Umur Panjang hingga Ilmunya Melebihi para Malaikat

Novie Fauziah/Eka Dian Syahputra
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 07:49 WIB
Ilustrasi Keistimewaan Nabi Adam AS. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Nabi Adam Alaihissalam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Pada salah satu riwayat hadits disebutkan Nabi Adam diciptakan dari tanah pada Jumat.

Nabi Adam Alaihissallam pun mempunyai banyak keistimewaan. Abu Musa Al-Asy’ari berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

"Allah menciptakan Adam dari segenggam tanah dari semua jenis tanah. Kemudian keturunannya datang beragam sesuai dengan unsur tanahnya. Ada di antara mereka yang berkulit merah, putih, hitam, dan antara warna-warna itu. Ada yang lembut dan ada yang kasar, ada yang buruk dan ada yang baik." (HR Abu Dawud)

Lalu penjelasan mengenai ditiupkannya ruh Nabi Adam Alaihissallam oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala bahkan tertulis dan dijelaskan dalam Alquran:

"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat, 'Sungguh Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka apabila Aku telah menyempurnakan (kejadian)-nya, dan Aku telah meniupkan ruh (ciptaan)-Ku maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud." (QS Al Hijr Ayat 28–29)

Tak hanya itu, ada pula keistimewaan lain yang dimiliki Nabi Adam Alaihissallam, berikut ini lima di antaranya, sebagaimana telah iNewsBekasi.id himpun dari Okezone.

Keistimewaan Nabi Adam AS

1. Mengenal Nama Makhluk dan Benda

Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan ilmu yang luas pada Nabi Adam Alaihissallam, sehingga pengetahuannya untuk mengenal nama makhluk sampai benda-benda yang ada di bumi serta sejagat raya.

Lalu Nabi Adam Alaihissallam mengajarkannya kepada para malaikat, yakni mengenai nama-nama makhluk dan benda-benda ciptaan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Seperti dijelaskan dalam Surat Al Baqarah Ayat 31–32:

"Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat seraya berfirman, 'Sebutkanlah kepada-Ku nama (semua) benda ini jika kamu yang benar!' Mereka menjawab, 'Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sungguh Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana'."

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini