Logo Network
Network

Sederet Keistimewaan Nabi Adam AS, Miliki Umur Panjang hingga Ilmunya Melebihi para Malaikat

Novie Fauziah/Eka Dian Syahputra
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 07:49 WIB
Sederet Keistimewaan Nabi Adam AS, Miliki Umur Panjang hingga Ilmunya Melebihi para Malaikat
Ilustrasi Keistimewaan Nabi Adam AS. Foto: Freepik

2. Ilmunya Melebihi para Malaikat

Keistimewaan Nabi Adam Alaihissallam sebagai manusia pertama di muka bumi ini yakni mempunya ilmu yang melebihi para malaikat. Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan pengetahuan yang sangat luas, sehingga para malaikat dibuat takjub olehnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Surat Al Hijr Ayat 28–35:

"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, 'Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Oleh karena itu, apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.' Lalu bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama, kecuali iblis. Ia enggan ikut bersama-sama (malaikat) yang sujud itu. Allah berfirman, 'Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?' Iblis menjawab, 'Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk.' Allah berfirman, 'Keluarlah dari surga karena sesungguhnya kamu (makhluk) terkutuk. Dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpa dirimu sampai hari kiamat'." 

3. Miliki Tubuh Tinggi

Nabi Adam Alaihissallam memiliki tubuh yang sangat tinggi hingga 60 hasta atau sekira 18 meter. Sebagaimana dijelaskan dalam salah satu riwayat hadits, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Allah menciptakan Adam Alaihissallam dan tingginya 60 hasta, kemudian Dia berfirman: 'Pergilah kamu dan berilah salam kepada mereka para malaikat, maka dengarkanlah bagaimana mereka menjawab salam penghormatan kepadamu dan juga salam penghormatan anak keturunanmu.' Maka Adam menyampaikan salam: 'Al-salaamu alaikum (salam sejahtera untuk kalian).' Mereka menjawab:

'Assalamu alaika wa rahmatullah (salam sejahtera dan rahmat Allah untukmu) Mereka menambahkan kalimat wa rahmatullah.' Setiap orang yang akan masuk surga sifatnya seperti Adam Alaihissallam, dan manusia terus saja berkurang (tingginya) sampai sekarang."

4. Khalifah Pertama di Bumi

Nabi Adam Alaihissallam bukan hanya menjadi manusia pertama di bumi, tapi beliau juga merupakan khalifah atau pemimpin nomor 1 yang pernah Allah Subhanahu wa Ta'ala ciptakan.

Menyandang status khalifah yang diberikan kepada Nabi Adam Alaihissallam bukan sekadar gelar, tapi sekaligus jadi mukjizat luar biasa yang Allah Subhanahu wa Ta'ala berikan kepadanya.

5. Umur panjang

Keistimewaan Nabi Adam Alaihissallam lainnya adalah memiliki umur yang sangat panjang. Ibnu Abbas dan Abu Hurairah meriwayatkan bahwasannya usia Nabi Adam tertulis di lauhul mahfudz adalah 1.000 tahun.

Umur panjang yang dimiliki Nabi Adam Alaihissallam ini menjadi salah satu mukjizat yang luar biasa. Sehingga, ia bisa menghasilkan keturunan setelah menikah dengan Hawa yang menjadi wanita pertama di bumi sekaligus pasangan Nabi Adam.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini