get app
inews
Aa Read Next : Partai Politik Terima Kucuran Uang Rp1 Triliun Hasil Kejahatan Lingkungan

Daftar Negara yang Tawarkan Uang untuk Punya Anak, Ada Tetangga Indonesia!

Selasa, 14 Februari 2023 | 14:32 WIB
header img
Ilustrasi Negara yang Tawarkan Uang untuk Punya Anak. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Terdapat sejumlah negara yang tawarkan uang untuk punya anak. Di mana hal tersebut dilakukan ketika banyak negara berusaha menekan angka kelahiran.

Seperti diketahui, belakangan ini ramai di media sosial soal kontroversi Gitasav. Dia membuat publik heboh lantaran menyuarakan tentang keputusannya tak mau memiliki anak usai menikah (childfree).

Hal itu pun lantas membuat pro dan kontra dari warga Indonesia. Belum lama ini pun dia kembali jadi sorotan usai komentarnya di salah satu postingannya di media sosial.

Di mana dia mengisyaratkan salah satu rahasia awet mudanya yakni tak mempunyai anak. Sehingga hal itu menuai berbagai reaksi warganet.

Di sisi lain, di sejumlah negara maju ini pemerintahnya malah menawarkan uang terhadap wanita yang bersedia melahirkan anak.

Lalu, apa saja negara yang tawarkan uang untuk punya anak? Berikut informasinya, seperti dilansir dari IDX Channel.

Negara yang Tawarkan Uang untuk Punya Anak

1. China

Di urutan pertama, negara yang tawarkan uang untuk punya anak adalah China. Di mana negara ini pun sempat menerapkan kebijakan satu anak di tahun 1980 silam. Waktu itu, keluarga yang punya lebih dari satu anak bakal dikenakan denda. Sehingga membuat wanita di sana terpaksa lakukan sterilisasi sampai aborsi.

Pemerintah China pada beberapa tahun lalu ternyata mulai khawatir akan negaranya terlalu sedikit orang. Sehingga di 2021, tercatat cuma ada 10,6 juta anak yang lahir di China.

Di sisi lain, China pun menghadapi permasalahan tenaga kerjanya yang menyusut dan jumlah orang tua kian meningkat. Di mana hal itu menyebabkan pertumbuhan ekonomi di China terhambat.

Karena itu, China mulai mengampanyekan kebijakan mempunyai tiga anak. Uniknya lagi, mereka juga memberikan dukungan yakni menawarkan uang 10.000 yuan atau USD 1.397 per tahun selama tiga tahun pada warganya yang mau punya tiga anak.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut