get app
inews
Aa Read Next : Sungai Cikarang Meluap, Rumah Warga di Kabupaten Bekasi Roboh Digerus Arus Air

9 Rumah di Majalengka Ambruk Tergerus Aliran Sungai Cimanuk

Minggu, 26 Desember 2021 | 11:37 WIB
header img
Rumah di Desa Ampel, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, ambruk lantaran tergerus arus Sungai Cimanuk. (Foto: iNews.id/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Sebanyak sembilan rumah di Desa Ampel, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka ambruk lantaran tergerus oleh aliran Sungai Cimanuk yang cukup deras. Hal ini terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi.

Kuwu (Kepala Desa) Ampel Opendi mengatakan, dalam satu pekan kemarin, sudah ada sembilan rumah yang rusak lantaran erosi. Selain itu, puluhan rumah saat ini kondisinya terancam mengalami nasib yang sama.

"Dari malam Jumat itu sekitar sembilan rumah, kalau terancam kurang lebih 50 rumah. Iya, sembilan rumah udah ambruk semua," ujar dia kepada wartawan, Minggu (26/12/2021).

Dijelaskannya, ancaman erosi sudah mengancam sejak sekitar 18 tahun yang lalu. Namun, Opendi mengaku belum ada penanganan riil dari pemerintah setempat.

"Sudah 18 tahun, sampai sekarang belum ada solusi. Harapannya ya, harus cepet dibangun, cepet diperbaiki lagi, pemerintah harus ada perhatian. Kalau gini terus, kita sebagai pemerintah desa yang dikomplain terus sama masyarakat," kata dia. 

"Sementara yang punya rumah (terkena erosi) cuma minggir-minggir aja di tetangganya sama di saudara-saudaranya. Mau gimana lagi karena udah hancur," tutur Opendi.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut